GNOME Merayakan Hari Jadi ke-25 dengan Rilis Beta Desktop GNOME 43 yang Akan Datang

  • Post author:
  • Post category:Linux


Proyek GNOME berusia 25 tahun hari ini dan untuk merayakan ulang tahun kelahirannya, tim pengembangan merilis versi beta dari seri lingkungan desktop GNOME 43 yang akan datang untuk pengujian publik.

Ditunda sembilan hari dari tanggal rilis resminya, GNOME 43 Beta ada di sini sebagai tonggak pengembangan kedua setelah rilis GNOME 43 Alpha, yang memulai konferensi GUADEC 2022 yang berlangsung bulan lalu di Guadalajara, Meksiko untuk membentuk masa depan rilis lingkungan desktop utama GNOME berikutnya.

Seperti yang diharapkan, GNOME 43 Beta dikemas dengan banyak manfaat, termasuk lebih banyak peningkatan pada dukungan WebExtensions dan entri menu konteks “Ambil Screenshot” baru untuk browser web Epiphany, kemampuan manajer mesin virtual GNOME Boxes untuk mengambil sistem operasi yang direkomendasikan dari alamat jarak jauh, dukungan koneksi WWAN 5G ke Halaman Seluler Pusat Kontrol dan dukungan untuk layar privasi di halaman Tampilan.

Terminal Konsol GNOME baru emulator telah di-porting ke GTK4/libadwaita dan dilengkapi dengan penanganan yang lebih baik dari shell/perintah khusus, perbaikan seret dan lepas dengan URI lokal yang sekarang dikonversi ke jalur sistem file biasa, serta deteksi tautan halaman manual, pintasan keyboard, keanehan clipboard, bangunan dengan Dentang, dan berbagai pembaruan data tambahan.

Aplikasi Panggilan menerima peningkatan waktu mulai, kinerja gulir terhadap riwayat panggilan yang besar, dan tindakan “Kirim SMS” di popover riwayat. Selain itu, aplikasi Disk menerima berbagai peningkatan Flatpak, dan Pengaturan Awal GNOME akhirnya telah di-porting ke GTK 4 dan libadwaita.

GNOME Shell, yang merupakan bagian terpenting dari lingkungan desktop GNOME, kini hadir dengan panel Pengaturan Cepat baru yang menggantikan menu sistem gabungan, keyboard di layar yang ditingkatkan, navigasi kisi aplikasi yang ditingkatkan, bayangan latar belakang ruang kerja yang dioptimalkan, dan kinerja animasi ikhtisar yang ditingkatkan.
Panel Pengaturan Cepat Baru di GNOME 43
Ini juga dilengkapi pengalih perangkat baru ke penggeser volume, kemampuan untuk hanya memuat ekstensi yang mendukung mode sesi saat ini, dukungan untuk memperbarui ekstensi dengan hanya Manajer Ekstensi yang diinstal, dialog portal akses yang lebih disesuaikan, dan kemampuan untuk menggunakan format yang sama dalam nama file screencast dan tangkapan layar.

Di sisi lain, jendela Mutter dan manajer komposit menerima dukungan pemindaian langsung untuk GPU tanpa dukungan pengubah, dukungan untuk pemindaian langsung multi-monitor, p . tunggal dukungan buffer ixel, fallback ARGB jika XRGB tidak didukung, visibilitas kursor pada X11 saat hanya menggunakan tablet sebagai input, dan dukungan skema warna dasar untuk dekorasi sisi server.

Rilis GNOME 43 Beta juga menyertakan set lengkap wallpaper default dan tambahan dalam format SVG dan WebM untuk kompresi dan resolusi yang lebih baik, serta format persegi 4K yang menargetkan tampilan layar lebar, 4:3, dan potret. Berikut tur video singkatnya!

Tonggak perkembangan berikutnya dari lingkungan desktop GNOME 43 mendatang adalah Release Candidate (RC), yang dijadwalkan pada awal September. Sampai saat itu, Anda dapat menguji drive rilis GNOME 43 Beta jika Anda mengunduh gambar penginstal OS GNOME dan menjalankannya di mesin virtual dengan dukungan EFI, seperti versi Kotak GNOME yang tersedia di Flathub.

Rilis GNOME 43 Beta juga menandai dimulainya UI, Fitur, dan API membeku, dan pengumuman String sekarang juga berlaku sebelum pembekuan String yang dimulai akhir bulan ini pada 27 Agustus. Rilis final GNOME 43 diharapkan pada 21 September 2022.

Sumber: Google, 9to5linux.com