GNU Binutils 2.39 Dirilis – ELF Linker Sekarang Memperingatkan Jika Stack Dibuat Dapat Dieksekusi

  • Post author:
  • Post category:Linux

Menyusul rilis GNU Glibc 2.36 awal minggu ini, GNU Binutils 2.39 dirilis hari ini untuk kumpulan utilitas biner umum ini pada sistem sumber terbuka.
Yang paling menonjol dengan GNU Binutils 2.39 adalah bahwa tautan ELF sekarang akan menghasilkan peringatan jika tumpukan dibuat dapat dieksekusi. Linker sekarang juga akan memperingatkan jika biner keluaran berisi segmen dengan ketiga bit izin baca/tulis/eksekusi yang ditetapkan. Peringatan ini untuk membantu pengembang mengidentifikasi perangkat lunak yang mungkin rentan terhadap serangan dari wilayah memori yang dapat dieksekusi. Peringatan ini dengan Binutils 2.39 diaktifkan secara default tetapi dapat dinonaktifkan melalui sakelar baris perintah baru.
GNU Binutils 2.39 juga menambahkan opsi “–package-metadata” ke linker ELF untuk menyematkan payload JSON untuk mendukung spesifikasi Package Metadata. Sementara itu program objdump Binutils sekarang mendukung penyorotan sintaks berwarna dalam keluaran disassemblernya.
GNU Binutils 2.39 juga memiliki peningkatan lain sebagaimana tercantum dalam pengumuman rilis.

Itulah berita seputar GNU Binutils 2.39 Dirilis – ELF Linker Sekarang Memperingatkan Jika Stack Dibuat Dapat Dieksekusi, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.