GNU Linux-libre 5.19-gnu Dirilis – Melanjutkan Perjuangan Berat Melawan Gumpalan Firmware

  • Post author:
  • Post category:Linux

Setelah rilis Linux 5.19 stable kemarin, orang-orang FSFLA yang memelihara kernel GNU Linux-libre merilis versi hilir mereka yang menghapus dukungan untuk memuat modul kernel berpemilik serta menghapus driver/dukungan yang memerlukan mikrokode non-bebas/sumber tertutup / file firmware.
Dari tindakan GNU yang diambil dengan Linux-libre 5.19 meliputi:
Driver ATM Ambassador telah dihapus di bagian hulu, sehingga kami dapat menghapus logika pembersihan yang sesuai. Helper HDCP dan bit pembersihan Mellanox Core dibagi menjadi pengidentifikasi kconfig terpisah yang baru diperkenalkan, dari Direct Rendering Management dan Mellanox Spectrum.
Beberapa driver baru perlu dibersihkan: pureLiFi X/XL/XC dan TI AMx3 Wkup-M3 IPC. Silicon Labs WFX lulus dari area pementasan hulu, meskipun masih membutuhkan pembersihan.
Berbagai driver yang sudah ada sebelumnya memerlukan penyesuaian pada logika pembersihannya, terutama dari versi atau nama gumpalan baru: amdgpu, Qualcomm WCNSS PIL, Realtek Bluetooth, Mellanox Spectrum, Marvell WiFi-Ex, dan Intel AVS, IFS, dan ipu3-imgu. Gumpalan yang diminta melalui beberapa file devicetree baru untuk SoC Qualcomm AArch64 telah dibersihkan.
Pola baru telah ditambahkan ke pencari gumpalan kami untuk mencocokkan dan menerima konvensi penamaan file baru yang diadopsi oleh Sound Open Firmware. Opsi perangkat keras untuk menjalankan sistem modern tanpa firmware sumber tertutup/file mikrokode terus menjadi prestasi yang semakin sulit terutama dengan keamanan pembaruan sering datang melalui pembaruan firmware/mikrokode. Selain itu, seperti yang baru-baru ini ditunjukkan seputar persyaratan firmware Intel GuC dengan Alder Lake P, untuk Intel ADL-P dan perangkat keras Intel masa depan, firmware mikrokontroler grafis GuC biner saja mutlak diperlukan untuk akselerasi grafis. Perangkat keras grafis NVIDIA dan AMD Radeon sudah memiliki persyaratan yang sulit untuk memuat firmware saat run-time tetapi sekarang dengan mandat GuC ini, grafis Intel juga. Sebelum ADL-P, firmware GuC bersifat opsional. Belum lagi sebagian besar chipset WiFi modern dan perangkat keras modern lainnya semuanya menjadi semakin bergantung pada firmware untuk semua tingkat fungsionalitas driver.

Mereka yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang rilis kernel GNU Linux-libre 5.19 dapat mengetahui semua detailnya di info-gnu.

Itulah berita seputar GNU Linux-libre 5.19-gnu Dirilis – Melanjutkan Perjuangan Berat Melawan Gumpalan Firmware, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.