GNU Linux-libre 6.0 Dirilis Setelah Lebih Banyak Pembersihan Blob

  • Post author:
  • Post category:Linux

Setelah rilis kernel Linux 6.0 upstream kemarin, orang-orang GNU FSFLA telah merilis GNU Linux-libre 6.0 sebagai downstream mereka yang menghilangkan dukungan driver untuk memuat firmware/mikrokode biner dan kemampuan untuk memuat modul kernel non-perangkat lunak bebas.
GNU Linux-libre 6.0 terus menjadi rasa kernel yang didukung oleh Free Software Foundation untuk kernel yang dibersihkan tanpa mikrokode/firmware non-bebas atau peringatan lainnya. Meskipun dengan perangkat keras modern sering kali berarti berbagai komponen/perangkat kemudian tidak didukung oleh kernel ini.
Dengan GNU Linux-libre 6.0, petualangan deblobbing siklus ini telah diringkas sebagai:
Permintaan gumpalan telah dikebiri di driver antarmuka UCSI untuk STM32G0, dan di driver codec sisi HD-audio CS35L41.
Driver MediaTek MT76 memiliki permintaan mcu blob yang difaktorkan ulang ke dalam perpustakaan connac mcu, dan skrip pembersihan telah disesuaikan agar sesuai.
Beberapa file dts untuk sistem Qualcomm dan MediaTek AArch64 telah ditambahkan, membutuhkan nama gumpalan di dalamnya untuk dibersihkan.
Pembersihan nama blob dan permintaan di driver AMDGPU, Adreno, Tegra VIC, Netronome NFP, dan Habanalabs Gaudi2 telah diperbarui.
Driver VXGE telah dihapus di bagian hulu, sehingga kami dapat menghapus logika pembersihan yang sesuai. Detail lebih lanjut tentang perubahan GNU Linux-libre 6.0 melalui pengumuman rilis.

GNU Linux-libre 6.0 diberi kode nama “-ETOOSIXY”.

Itulah berita seputar GNU Linux-libre 6.0 Dirilis Setelah Lebih Banyak Pembersihan Blob, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.