GNU Parted 3.5 Dirilis dengan Dukungan untuk GUID “Home” Linux, Perbaikan Bug


Brian C. Lane hari ini mengumumkan rilis dan ketersediaan umum GNU Parted 3.5 sebagai rilis stabil terbaru dari utilitas baris perintah yang kuat ini untuk mengelola partisi disk dan backend ke alat GParted yang terkenal.

Hampir empat bulan dalam pengembangan, GNU Parted 3.5 diluncurkan di sini untuk memperkenalkan dukungan untuk Linux /home GUID (Pengidentifikasi Unik Global) menggunakan flag linux-home, dukungan untuk nama partisi menjadi string kosong ketika disetel dalam mode –script, serta dukungan untuk menggunakan flag partisi swap pada disk berlabel MSDOS.

GNU Parted 3.5 juga menambahkan opsi –fix baru ke mode –script untuk secara otomatis memperbaiki berbagai masalah, seperti header GPT cadangan yang hilang di akhir disk, dan menambahkan perintah –json -line switch yang dapat digunakan untuk menampilkan detail disk dalam format file JSON.

Di antara perubahan penting lainnya dalam rilis ini, ada dukungan untuk arsitektur AArch64 (ARM64) dan MIPS64 sebagai mesin yang valid untuk pengujian, dukungan t untuk menggunakan opsi retry remove libdevmapper ketika mencoba menghapus partisi disk yang sibuk, serta kemampuan untuk mempertahankan atribut khusus GUID saat menulis header GPT. Di atas semua itu, rilis ini dibuat berdasarkan Gnulib terbaru, menghilangkan penyebutan dari “partisi tertentu” dari penggunaannya, menambahkan dukungan untuk menghindari titik dua dan garis miring terbalik dalam output mesin, dan mengurangi ukuran disk yang digunakan dalam pengujian menjadi 267MB untuk FAT32 dan hanya 10MB untuk sisanya, membuatnya lebih mudah untuk menjalankan rangkaian pengujian pada kecepatan rendah -memory systems.

Untuk detail lebih lanjut tentang perubahan yang disertakan dalam pembaruan ini dan untuk mengunduh GNU Parted 3.5, lihat halaman pengumuman rilis. Itu juga akan segera muncul di repositori perangkat lunak stabil dari distribusi GNU/Linux favorit Anda, jadi perbarui instalasi Anda sesegera mungkin jika Anda menggunakan GNU Parted untuk mengelola partisi disk Anda.

Sumber: Google, 9to5linux.com