Google Cloud Tau T2A Ampere Altra vs. Kinerja AMD EPYC T2D

  • Post author:
  • Post category:Linux

Selama musim panas, Google mengumumkan Tau T2A sebagai VM Google Cloud Compute Engine pertama yang berjalan di Arm. Seri T2A ditenagai oleh prosesor Ampere Altra dan melengkapi seri Tau T2D yang ditenagai oleh prosesor AMD EPYC 7003 “Milan” yang diluncurkan tahun lalu. Saya telah mencoba seri Tau T2A selama beberapa minggu terakhir dan memiliki beberapa tolok ukur awal untuk dibagikan hari ini untuk menunjukkan bagaimana kinerja VM Ampere Altra Arm terhadap seri T2D yang ada.

Ampere Altra dan AMD EPYC Milan saat ini mendukung Tau Google VMs.

Seri Tau T2D diluncurkan pada akhir tahun 2021 sebagai kolaborasi antara Google dan AMD untuk menawarkan kinerja yang lebih tinggi dibandingkan alternatif dari penyedia cloud publik lainnya — baik itu instans berbasis Arm atau x86_64. Sejak itu Google telah bekerja dengan Ampere Computing untuk membawa Ampere Altra ke cloud publik mereka dan menghasilkan pesaing yang layak untuk branding Tau mereka.

Harga Tau T2A saat ini pada saat penerbitan.

Seperti halnya dengan seri T2D bertenaga AMD EPYC, T2A juga dioptimalkan untuk kinerja beban kerja scale-out yang hemat biaya. VM T2A memiliki hingga 48 vCPU per mesin virtual — setiap vCPU didukung oleh inti CPU fisik. Ada juga memori 4GB per vCPU, yang cocok dengan VM T2D dan instans berbasis M6g Graviton2 Amazon. Google telah membicarakan seri T2A, seperti halnya dengan T2D, sebagai hal yang bagus untuk server web, layanan mikro dalam wadah, pemrosesan log data, encoding/transcoding multimedia, dan beban kerja Java. distribusi Linux utama yang kompatibel dengan AArch64 pada seri T2A dari pesaing biasa seperti Ubuntu, RHEL, dan SUSE Linux Enterprise hingga pendatang baru seperti Rocky Linux. Dengan seri T2A juga integrasi dengan penawaran Google Cloud lainnya seperti Google Kubernetes Engine, Dataflow, dan perangkat lunak lain yang lama tersedia untuk VM x86_64 mereka.

Informasi latar belakang lebih lanjut tentang seri Google Tau T2A dapat ditemukan melalui pengumuman Juli mereka.

Bagi mereka yang bertanya-tanya bagaimana jajaran Google Tau T2A dibandingkan dengan seri T2D bertenaga AMD EPYC yang ada, saya menjalankan sejumlah tolok ukur di berbagai instans Tau saat menjalankan Ubuntu 22.04 LTS.

Instans Ubuntu 22.04 LTS berada di default tetapi dengan memutakhirkan ke GCC 12 compiler yang dikemas dalam arsip Jammy untuk VM x86_64 dan AArch64 guna memastikan compiler terbaru untuk prosesor AMD EPYC dan Ampere Altra.

Itulah berita seputar Google Cloud Tau T2A Ampere Altra vs. Kinerja AMD EPYC T2D, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.