Google Mengumumkan Lyra V2 Low Bit-Rate Voice Codec

  • Post author:
  • Post category:Linux

Tahun lalu Google mengumumkan codec suara Lyra untuk bit-rate rendah yang dikombinasikan dengan codec AV1 terbuka dapat menyebabkan obrolan suara pada koneksi 56kbps. Lyra memanfaatkan pembelajaran mesin dan teknik lain untuk kompresi ucapan bit-rate yang sangat rendah yang dapat berfungsi pada 3kbps. Google tahun lalu membuka sumber kode Lyra sementara hari ini mereka mengumumkan ketersediaan Lyra V2.
Lyra V2 dirangkum oleh Google sebagai “codec ucapan yang lebih baik, lebih cepat, dan lebih fleksibel…arsitektur baru yang menikmati dukungan platform yang lebih luas, memberikan kemampuan bitrate yang dapat diskalakan, memiliki kinerja yang lebih baik, dan menghasilkan audio berkualitas lebih tinggi.”
Lyra V2 memanfaatkan codec audio neural ujung-ke-ujung SoundStream, terus menunjukkan kinerja yang jauh lebih baik daripada codec audio Opus, kualitas audio yang ditingkatkan, dan banyak lagi. Kode sumber terbuka Lyra V2 tersedia saat ini.
Detail lebih lanjut tentang Lyra V2 dapat ditemukan melalui Google Open-Source Blog dan kodenya tersedia di GitHub. Catatan rilis GitHub menyebutkan Lyra V2 bisa ~5x lebih cepat di perangkat Android, pengurangan latensi codec dari 100 menjadi 20 ms, dan sekarang ada dukungan Mac dan Windows untuk melengkapi dukungan Linux dan Android.

Itulah berita seputar Google Mengumumkan Lyra V2 Low Bit-Rate Voice Codec, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.