Googles Linux Kernel Build Untuk Stadia Menambahkan Dukungan Driver NVIDIA

  • Post author:
  • Post category:Linux

Layanan game cloud Stadia Google sejak peluncurannya pada tahun 2019 telah mengandalkan GPU berbasis Vega khusus di server Linux mereka, tetapi sekarang sepertinya mereka mungkin secara diam-diam bertransisi menggunakan GPU NVIDIA.
Belum ada pengumuman resmi, tetapi seorang pembaca Phoronix menunjukkan bahwa Google baru-baru ini memperbarui repositori kernel publik mereka untuk build kernel Linux yang mereka gunakan untuk Stadia. Dengan pembaruan terbaru mereka bulan lalu, mereka menambahkan dukungan untuk membangun/menginstal dari tumpukan driver berpemilik NVIDIA.
Google tidak menunjukkan motivasi mereka untuk dukungan driver NVIDIA ini dengan pembuatan kernel Stadia Linux mereka tetapi komit kode menyebutkan, “contoh yang menggunakan GPU NVIDIA”, jadi setidaknya beberapa server Stadia sekarang tampaknya berjalan dengan NVIDIA grafis.

Perubahan untuk memungkinkan driver NVIDIA membangun dengan kernel Stadia dibuat pada 17 Mei, satu minggu setelah NVIDIA mengumumkan bahwa mereka sedang mengerjakan driver kernel GPU open-source meskipun belum upstream atau saat ini dalam kondisi untuk penerimaan upstream. Jadi itu waktu yang aneh atau jika Google juga memiliki peran dalam membantu mendorong NVIDIA bersama dengan upaya driver kernel GPU terbuka mereka.
Bagaimanapun, itu semua informasi yang saya miliki sekarang bahwa setidaknya beberapa instance Google Stadia tampaknya didukung oleh grafis NVIDIA tetapi apakah itu hanya untuk tujuan eksperimental/pengujian terbatas atau sebagai bagian dari desain perangkat keras generasi kedua tetap menjadi dikonfirmasi. Mempertimbangkan baik Google dan AMD membicarakan grafis Radeon awal yang mendukung Stadia dan tumpukan driver grafis AMD Linux open-source sepenuhnya yang dihormati, agak mengejutkan melihat Google mungkin pindah ke NVIDIA yang mendukung Stadia.

Itulah berita seputar Googles Linux Kernel Build Untuk Stadia Menambahkan Dukungan Driver NVIDIA, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.