HarfBuzz 5.0 Dirilis Dengan Kemajuan Mendukung Spesifikasi Font “Membosankan Ekspansi”

  • Post author:
  • Post category:Linux

HarfBuzz adalah mesin pembentuk teks sumber terbuka yang banyak digunakan oleh banyak perpustakaan dan aplikasi yang berbeda. Kode HarfBuzz sangat penting untuk desktop Linux dan banyak aplikasi open-source saat akhir pekan ini merayakan rilis besar “5.0”. Dengan HarfBuzz 5.0, para pengembang telah mengerjakan dukungan spesifikasi font “Boring Expansion”.
Sejumlah perubahan dengan HarfBuzz 5.0 terkonsentrasi di sekitar dukungan Font “BE”. Bahwa “BE” telah disebut sebagai “Ekspansi Membosankan” untuk Format Font Terbuka dan beberapa referensi juga untuk Format Font “Rekayasa Lebih Baik”.
Spesifikasi “Boring Expansion” bertujuan untuk mengatasi batasan Open Font Format dari 65k glyph per file sehingga berpotensi jutaan glyph dapat disimpan dalam file font. Membentur batas 65k diperlukan untuk font CJK, font Pan-Unicode yang melampaui batas saat ini, lebih baik merangkul Pengayaan Font Progresif, dan font COLR mungkin menghabiskan batas juga.
membosankan-ekspansi-spec

Google Font telah terlibat dengan spesifikasi “BE” ini dan bekerja untuk menyelesaikan masalah yang saat ini mengenai Format Font Terbuka.
Perubahan yang diusulkan, diambil secara keseluruhan, memungkinkan kita untuk membuat font pan-Unicode kompak yang terdiri dari bagian-bagian yang dapat digunakan kembali yang dibangun menggunakan kemampuan variasi yang ditingkatkan. Selanjutnya, desainer diberdayakan untuk memisahkan bagaimana bagian-bagian dibuat dan dirakit dari bagaimana mereka disajikan kepada pengguna. Rincian lebih lanjut tentang upaya itu dapat ditemukan melalui spesifikasi-ekspansi membosankan di GitHub. Di bawah payung BE-Fonts, setelah mengerjakan spesifikasi ekspansi, ada rencana tentatif untuk ergonomi yang lebih baik dan emulasi yang lebih baik di sekitar format font. Slideshow Google Documents ini memiliki detail lebih lanjut tentang upaya font BE.
Dengan HarfBuzz 5.0 hari ini, sekarang ada dukungan untuk font dengan lebih dari 65k glyph di lebih banyak tabel, mendukung versi 2 dari tabel AVAR, dan perubahan lain dari pekerjaan spesifikasi ekspansi yang membosankan ini.
HarfBuzz 5.0 juga mencakup sejumlah perbaikan, peningkatan interaksi antara beberapa lampiran kursif, peningkatan subset tabel COLR, peningkatan fuzzing API, perbaikan build, dan pekerjaan lainnya. Unduhan dan detail lebih lanjut tentang HarfBuzz 5.0 melalui GitHub.

Itulah berita seputar HarfBuzz 5.0 Dirilis Dengan Kemajuan Mendukung Spesifikasi Font “Membosankan Ekspansi”, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.