Inkscape 1.2 Dirilis dengan Dukungan untuk Dokumen Multi-Halaman, Banyak Penyempurnaan


Inkscape 1.2 telah dirilis hari ini sebagai pembaruan terbaru untuk editor SVG (Scalable Vector Graphics) open-source, gratis, dan lintas platform ini untuk sistem GNU/Linux, macOS, dan Windows yang menghadirkan banyak peningkatan dan fitur baru. setelah Inkscape 1.1, rilis Inkscape 1.2 hadir untuk memperkenalkan alat Halaman baru yang mengimplementasikan dukungan untuk banyak halaman dalam dokumen Inkscape. Untuk mengakses alat Halaman baru, klik tombol terendah di bilah alat. Alat ini juga memungkinkan Anda mengimpor dan mengekspor dokumen PDF multi-halaman.

Juga baru di Inkscape 1.2 adalah Live Path Effect (LPE) ‘Ubin’ yang memungkinkan ubin interaktif, kemampuan untuk mengimpor gambar SVG dari Open Clipart, Wikimedia Commons, dan sumber online lainnya, gertakan penyelarasan di atas kanvas, serta kemampuan untuk mengedit penanda dan pola tanda hubung.

Selanjutnya, Inkscape 1.2 memperkenalkan asal objek yang dapat dipilih untuk penskalaan dan pemindahan numerik, menggabungkan dialog ‘Lapisan’ dan ‘Objek’ ke dalam dialog baru , memindahkan semua opsi perataan dalam satu dialog, dan mendesain ulang dialog ‘Ekspor’ dengan kemampuan untuk memilih objek, lapisan atau halaman, pratinjau, dan dukungan untuk mengekspor berbagai format file.

Di antara perubahan penting lainnya, Inkscape sekarang mendukung pengeditan gradien di Dialog ‘Isi dan Gores’, serta pengalihan gradien, yang digunakan untuk mengekspor gambar raster dan untuk menampilkan gradien di kanvas.

Alat Teks telah diperbarui dalam rilis ini menjadi s mendukung teks mengalir di sekitar bentuk, serta bantalan teks. Juga diperbarui adalah Editor Font SVG, yang alur kerja Editor Font-nya sekarang menawarkan pratinjau yang lebih baik, peningkatan kinerja, dan tingkat organisasi yang lebih tinggi.

Terakhir, Inkscape 1.2 memperkenalkan fungsionalitas yang memungkinkan pengguna memisahkan objek jalur yang terdiri dari beberapa subjalur ke dalam satu set objek jalur yang dimiliki bersama, menambahkan banyak opsi penyesuaian baru, lebih meningkatkan UI, dan memperbaiki banyak bug dan masalah untuk meningkatkan kinerja dan aplikasi yang lebih cepat. Untuk detail selengkapnya, lihat catatan rilis lengkap.

Anda dapat mengunduh Inkscape 1.2 sekarang juga dari situs web resmi sebagai file biner AppImage yang dapat Anda jalankan di hampir semua distribusi GNU/Linux tanpa menginstal apa pun di komputer Anda (pastikan Anda buat file tersebut dapat dieksekusi setelah diunduh).

Sumber: Google, 9to5linux.com