Insinyur Google Bereksperimen Dengan Penanganan ZRAM Untuk Beberapa Aliran Kompresi

  • Post author:
  • Post category:Linux

Ada tambalan yang memberikan dukungan untuk ZRAM untuk dapat menangani beberapa aliran kompresi pada basis per-CPU. Modul kernel untuk membuat perangkat blok terkompresi ini dapat dibuat lebih fleksibel dengan seri tambalan yang diusulkan ini.
Sergey Senozhatsky dari Google telah mengirimkan satu set tambalan untuk mendukung beberapa aliran kompresi dengan ZRAM. Dengan mampu menangani aliran kompresi yang berbeda, ini dapat membuka ZRAM agar lebih efektif digunakan dan memanfaatkan sifat terbaik dari algoritme kompresi yang diberikan. Dari sudut pandang Google, pekerjaan ZRAM ini mungkin berguna untuk setidaknya penggunaan Chrome OS.
Sergey menjelaskan pekerjaan ini:
Ide utamanya adalah bahwa algoritma kompresi yang berbeda memiliki karakteristik yang berbeda dan zram dapat mengambil manfaat ketika menggunakan kombinasi algoritma: algoritma default yang lebih cepat tetapi memiliki tingkat kompresi yang lebih rendah dan algoritma sekunder yang dapat menggunakan tingkat kompresi yang lebih tinggi dengan harga kompresi yang lebih lambat. /dekompresi.
Ada beberapa kasus penggunaan untuk fungsi ini:
– Kompresi ulang halaman besar: zstd atau defalte berhasil mengompresi halaman besar (~50% halaman besar pada pengujian ChromeOS sintetis saya), halaman IOW yang tidak dapat dikompresi oleh lzo.
– kompresi ulang halaman idle: halaman idle/dingin berada di memori dan kami dapat mengurangi penggunaan memori zsmalloc jika kami mengompresi ulang halaman idle tersebut.
Ruang pengguna memiliki sejumlah cara untuk mengontrol perilaku dan dampak kompresi ulang zram: jenis halaman apa yang harus dikompres ulang, ukuran tanda air, dll. Silakan merujuk ke tambalan dokumentasi. Detail lebih lanjut bagi mereka yang tertarik melalui seri tambalan ini.

Itulah berita seputar Insinyur Google Bereksperimen Dengan Penanganan ZRAM Untuk Beberapa Aliran Kompresi, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.