Intel ANV Driver Lands VK_EXT_shader modul pengenal – Penting Untuk VKD3D-Proton

  • Post author:
  • Post category:Linux

Setelah rilis Vulkan 1.3.219 minggu lalu yang memperkenalkan ekstensi VK_EXT_shader_module_identifier dan driver Radeon Vulkan (RADV) Mesa yang menambahkan dukungan untuknya awal pekan ini, driver Vulkan open-source Intel “ANV” telah mendapatkan dukungan untuk ini ekstensi baru untuk menutup minggu ini.
VK_EXT_shader_module_identifier membantu menghindari pembuatan ulang modul SPIR-V dengan memungkinkannya untuk lebih mudah di-cache ke disk dan pada proses berikutnya agar aplikasi/game melewati pengidentifikasi modul shader yang dibuat sebelumnya dalam upaya untuk memulihkan pipa Vulkan tanpa kompilasi ulang. Ekstensi ini dikerjakan oleh Valve dan berbagai vendor lain dengan mempertimbangkan kasus penggunaan sistem pra-kompilasi shader yang dapat mengungguli cache pipa sebelumnya, mirip dengan apa yang telah dilakukan Steam dengan didistribusikan cache shader yang telah dikompilasi sebelumnya. Pada akhirnya VK_EXT_shader_module_identifier akan membantu meningkatkan efisiensi dan mungkin mengurangi waktu pemuatan game.
Seperti disebutkan dalam artikel sebelumnya, ada rancangan kode VKD3D-Proton untuk memanfaatkan ekstensi Vulkan ini oleh implementasi Direct3D 12 melalui Vulkan, tetapi belum digabungkan.
Hans-Kristian Arntzen dari Valve yang terlibat dengan ekstensi ini telah men-tweet tentang hal itu: “Ini akan sangat besar untuk cache ajaib internal vkd3d-proton. Kami akan dapat mengurangi cache itu sekitar [lebih dari] 95% sejak kita tidak lagi harus menyimpan modul chonkers SPIR-V di disk.”
Dengan penggabungan ini yang mendarat di Mesa 22.2 dalam semalam, VK_EXT_shader_module_identifier sekarang siap digunakan untuk driver Intel Vulkan. Mesa 22.2 akan debut sebagai stabil pada pertengahan hingga akhir Agustus.

Itulah berita seputar Intel ANV Driver Lands VK_EXT_shader modul pengenal – Penting Untuk VKD3D-Proton, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.