Intel Arc Graphics A380: Menarik Untuk Penggemar & Pengembang Sumber Terbuka Dengan Harga ~$139

  • Post author:
  • Post category:Linux

Minggu lalu saya menguraikan agar Intel Arc Graphics berjalan pada driver grafis Linux open-source saat menggunakan Linux 6.0 dan yang lebih baru (bersama dengan penggantian opsi modul eksperimental saat ini) dan kemudian Mesa 22.2+. Sekarang setelah saya memiliki lebih banyak hari dengan Intel Arc Graphics A380 sebagai GPU diskrit anggaran perusahaan, berikut adalah lebih banyak pemikiran saya tentang kartu grafis ini yang telah mulai dijual secara eceran di AS seharga $139.

Arc Graphics A380 adalah Intel` GPU DG2/Alchemist entry-level yang diproduksi pada proses TSMC N6, menampilkan delapan core Xe, dua irisan render, delapan unit ray-tracing, 128 Xe Vector Engine dan 128 XMX engine, dan dilengkapi dengan clock grafis 2000MHz.

The Arc Graphics A380 memiliki daya total 75 Watt dan dilengkapi memori video GDDR6 6GB pada bus 96-bit. A380 dinilai untuk menggerakkan hingga empat layar secara bersamaan dan dapat berkendara hingga [dilindungi email] melalui HDMI 2.1 dan [dilindungi email] melalui DisplayPort 2.0. DG2/Alchemist mendukung Adaptive-Sync. Bagi mereka yang tidak memiliki tampilan Adaptive-Sync, Intel saat ini sedang mengerjakan dukungan Smooth Sync untuk Linux.

Salah satu elemen yang sangat menarik dengan DG2/Alchemist tidak hanya terus mendukung dekode AV1 yang dipercepat GPU tetapi enkode AV1 juga didukung. Fungsionalitas akselerasi video Intel Arc Graphics didukung dengan Media SDK dan proyek oneVPL mereka. Saya akan memiliki tolok ukur oneVPL mudah-mudahan segera setelah memiliki waktu untuk mengatur komponen tersebut dan memfasilitasi beberapa tolok ukur. VP9 juga terus didukung untuk decoding yang dipercepat GPU bersama dengan berbagai codec eksklusif yang populer. Intel Arc Graphics A380 dirancang untuk dukungan Vulkan 1.3, OpenGL 4.3, dan OpenCL 3.0. Di sisi Windows, DirectX 12 Ultimate didukung. Seperti yang disebutkan dalam artikel sebelumnya, ada dukungan driver open-source penuh. Vulkan didukung oleh driver ANV Mesa mereka, OpenGL diimplementasikan dengan driver Iris Gallium3D, dan OpenCL 3.0 bersama dengan satu akselerasi API Level Zero juga dengan sumber terbuka Compute-Runtime mereka.

Kartu yang digunakan untuk semua pengujian ini adalah ASRock Challenger Busur A380. ASRock Challenger Arc A380 memiliki kipas tunggal, desain slot ganda. Model Arc A380 Challenger ITX 6GB OC ini juga memiliki clock 2.25GHz dibandingkan dengan 2.00GHz untuk spesifikasi referensi Intel. Kartu grafis ini dipromosikan oleh ASRock sebagai kartu grafis ramah-ITX dengan desain faktor bentuknya yang kecil.

The ASRock Challenger A380 bersama kartu grafis Radeon RX 6400 dan RX 5500 XT.

The Arc A380 Challenger ITX 6GB OC memiliki tiga output DisplayPort 2.0 dan satu HDMI 2.0 b keluaran. Meskipun ada peringkat daya papan 75 Watt, konektor daya PCIe 8-pin tunggal dapat ditemukan pada kartu grafis. ASRock Challenger Arc A380 ini mulai dijual minggu lalu di AS melalui NewEgg seharga $139,99 USD tetapi dalam waktu singkat telah terjual habis. Agaknya selama beberapa minggu ke depan kita akan melihat ketersediaan A380 yang lebih kuat di AS diikuti oleh model Intel Arc Graphics kelas atas.

(Pengingat ramah: Jika Anda menikmati pembandingan perangkat keras Linux harian saya, liputan berita sumber terbuka, dll, pertimbangkan bergabung dengan Phoronix Premium untuk menikmati situs bebas iklan dan artikel multi-halaman dalam satu halaman. Langganan perusahaan juga tersedia dengan menghubungi Phoronix. Tip PayPal juga dihargai untuk pengujian seperti ini di mana harus membeli perangkat keras untuk melakukan tinjauan/pengujian Linux Sayangnya penggunaan blok iklan yang merajalela dan keadaan industri iklan terus membuat operasi menjadi sulit.)

Itulah berita seputar Intel Arc Graphics A380: Menarik Untuk Penggemar & Pengembang Sumber Terbuka Dengan Harga ~$139, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.