Intel Arc Graphics A750 + A770 Siap Dijalankan Pada Driver Linux Open-Source

  • Post author:
  • Post category:Linux

Minggu ini adalah berita peluncuran Intel Arc Graphics A770 seharga $ 329+ pada 12 Oktober, kemarin adalah pencabutan embargo pada Arc Graphics A750 juga pengiriman pada 12 Ocrober seharga $ 289+, dan sekarang hari ini adalah pengangkatan embargo lain tentang Intel Arc Graphics..

Peningkatan embargo hari ini di sisi grafis untuk minggu Inovasi Intel yang sibuk adalah embargo “unboxing” untuk Arc Graphics A750/A770. Dengan demikian diizinkan untuk membagikan seperti apa kartu grafis dan kemasan pers dan pada akhirnya mengonfirmasi perangkat keras telah tiba. Yap, Arc Graphics A750 dan A770 sudah ada di Phoronix untuk pengujian Linux!

Demikianlah tampilan kartu grafis desktop Arc Graphics A750 dan A770. Tapi seperti biasa untuk embargo “unboxing”, saya belum bisa membagikan tolok ukur atau detail pengungkapan lainnya — nantikan bulan Oktober.

Tetapi saya dapat mengulangi apa yang telah saya laporkan sebelumnya berdasarkan pelacakan dekat saya terhadap perkembangan kernel Mesa dan Linux serta dari pengujian Arc Graphics A380 Linux yang ada: Arc Graphics A750 dan A770 berjalan pada driver Linux hulu open-source. Harapkan situasinya akan berjalan kira-kira seperti yang saya uraikan di Intel Arc Graphics Running On Fully Open-Source Linux Driver. Untuk upstream, dukungan sumber terbuka mencari Linux 6.0+, Mesa 22.2+, dan linux-firmware.git terbaru untuk firmware GuC yang diperlukan. Compute-Runtime Intel untuk OpenCL dan Level Zero juga telah sepenuhnya open-source dan mendukung DG2/Alchemist seperti yang dibahas sebelumnya.

Seperti yang diuraikan dalam artikel pengujian A380 sebelumnya, kartu grafis desktop DG2/Alchemist masih terselip di belakang opsi modul untuk menunjukkan status “eksperimental”, tetapi jika menyetel opsi itu, ada dukungan sumber terbuka DG2/Alchemist yang dipercepat sekarang. Untungnya Linux 6.0 stable akan keluar akhir pekan ini, menjelang peluncuran resmi 12 Oktober. Seperti yang biasanya saya rekomendasikan untuk peluncuran GPU baru saat menggunakan driver open-source: semakin baru Mesa, semakin baik. Mengendarai Mesa Git tentu akan direkomendasikan mengingat Mesa 22.3 tidak akan stabil hingga Desember, tetapi seperti yang telah saya laporkan di artikel sebelumnya, masih banyak perbaikan driver OpenGL dan Vulkan yang mendarat. Baru awal minggu ini mengaktifkan dukungan ray-tracing Vulkan dengan driver ANV mereka. Jadi meskipun Mesa 22.2 stable dapat bekerja untuk seri Arc Graphics 7, menggunakan Mesa 22.3-devel akan menghasilkan lebih banyak fitur dan kemungkinan kinerja yang lebih baik juga. Tapi tetap disini untuk ulasan lengkap Arc Graphics A750/A770 Linux saya untuk lebih jelasnya.

Ketika vendor secara sadar mengirimkan sampel tinjauan perangkat keras tepat waktu ke Phoronix mengetahui sepenuhnya bahwa itu secara eksklusif berfokus pada pengujian Linux, itu juga pertanda baik tentang dukungan Linux yang diharapkan oleh vendor perangkat keras.

Dari awal saya menggunakan kartu Arc Graphics A750/A770, kartu tersebut dibuat dengan baik terutama dengan harga $349 atau kurang. Setidaknya untuk kartu “Limited Edition” yang dibuat oleh Intel ini, kita akan melihat apa yang akan diberikan oleh mitra AIB Intel untuk desain kartu A750 dan A770.

Sebagai pengingat pada spesifikasi kartu ini:

The Intel Arc A Graphics A750/A770 bertujuan untuk bersaing dengan prosesor grafis tingkat seri GeForce RTX 3060. Tidak seperti NVIDIA, driver Linux Intel sepenuhnya open-source untuk komponen kernel dan ruang pengguna. NVIDIA membuat kemajuan di sisi driver kernel open-source meskipun kemungkinan akan memakan waktu cukup lama sebelum sesuatu yang berharga ada di upstream dan belum ada aktivitas apa pun oleh mereka pada driver ruang pengguna OpenGL/Vulkan open-source resmi. Melawan taman CUDA berdinding NVIDIA juga merupakan ekosistem perangkat lunak Intel oneAPI sumber terbuka sepenuhnya. Jadi seperti inilah tampilan kartu grafis Intel Arc dengan harga bersaing ini dan nantikan Oktober yang sibuk dan menyenangkan.

Itulah berita seputar Intel Arc Graphics A750 + A770 Siap Dijalankan Pada Driver Linux Open-Source, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.