Intel Arc Graphics Dapatkan Perbaikan Driver Linux Untuk Mendukung HDMI 4K @ 30

Sementara dari luar sepertinya pengaktifan DG2/Alchemist di Linux mulai menetap dengan Linux 5.19 mulai mengekspos dukungan komputasi untuk GPU diskrit Arc Graphics baru ini, mulai menambahkan ID PCI produksi, dan penyempurnaan lainnya, pertempuran pengaktifan tidak `belum berakhir.
Pengembang driver grafis Linux open-source Intel tetap sangat aktif dalam mempersiapkan dukungan GPU diskrit Alchemist (DG2) serta baru-baru ini melihat patch di sekitar Ponte Vecchio. Linux 5.19 jelas terlihat sebagai langkah maju yang solid dalam perjalanan pemberdayaan DG2/Alchemist tetapi masih ada berbagai seri tambalan untuk memperkuat dukungan Arc Graphics di Linux.
Patch terbaru minggu ini sebagai pengingat pertempuran yang masih aktif untuk mengaktifkan Alchemist (atau DG2 sebagai pengembang driver Intel masih menyebutnya sebagai) adalah kode yang belum digabungkan yang diperlukan untuk dapat menggunakan HDMI untuk output 4K di 30Hz… [dilindungi email] tidak terlalu unik dan sudah umum untuk beberapa tampilan selama bertahun-tahun. Dengan kernel Linux 5.20 (atau jika Linus Torvalds menamainya kemudian menjadi Linux 6.0) adalah dukungan HDMI [dilindungi email] untuk grafis DG2.
Patch ini diposting minggu ini sebagai perbaikan yang diperlukan untuk membantu mendukung 3840 x 2160 pada 30Hz untuk monitor HDMI dengan grafis DG2. Patch itu telah diambil oleh drm-intel-next menjadikannya bahan untuk siklus berikutnya, Linux 5.20~6.0.

Tampaknya kartu grafis diskrit Arc Graphics masih beberapa bulan dari rilis jadi semoga sisa dukungan driver Linux open-source akan dikancingkan tepat waktu dan akan berhasil berada di kernel yang dirilis tepat waktu untuk rilis distribusi Linux musim gugur . Bagaimanapun, kami sangat senang dengan kartu grafis desktop Intel yang telah lama ditunggu-tunggu yang didukung oleh driver sumber terbuka sepenuhnya.

Itulah berita seputar Intel Arc Graphics Dapatkan Perbaikan Driver Linux Untuk Mendukung HDMI 4K @ 30, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.