Intel AVX-512 Kemenangan Besar Untuk… Kinerja Parsing JSON

Selain banyak beban kerja HPC dan tugas komputasi ilmiah lainnya di mana kinerja Intel AVX-512 pada prosesor terbaru mereka terbukti sangat bermanfaat, ternyata AVX-512 juga dapat memberikan manfaat yang signifikan untuk tugas server web yang jauh lebih biasa: parsing JSON . Proyek simdjson yang berfokus pada “penguraian gigabyte JSON per detik” minggu ini mengeluarkan simdjson 2.0 dan dipimpin oleh kontribusi dukungan AVX-512 yang dipimpin Intel.

Format pertukaran data JavaScript Object Notation (JSON) banyak digunakan oleh praktis semua situs web/aplikasi web utama dalam kapasitas tertentu dan dapat ditangani oleh hampir semua bahasa pemrograman. JSON benar-benar tidak membutuhkan pengenalan apa pun. Beberapa tahun terakhir telah ada simdjson sebagai proyek open-source (berlisensi Apache 2.0) yang bertujuan memberikan parser JSON kinerja tertinggi yang dapat mengurai “gigabyte JSON per detik” dan mengklaim 4~25x lebih cepat daripada alternatif.

simdjson 2.0 menambahkan dukungan AVX-512, disumbangkan oleh Intel.

Library simdjson telah mendukung jalur kode SSSE3 dan AVX2 yang secara otomatis digunakan pada CPU yang didukung serta instruksi vektor SIMD lainnya pada POWER atau Arm NEON. Namun baru-baru ini para insinyur Intel bekerja sama dengan pengembang simdjson menyumbangkan dukungan AVX-512 ke simdjson.

Perubahan dari SIMD 256-bit ke 512-bit benar-benar terbayar untuk kinerja penguraian JSON. Ini adalah penggunaan AVX-512 “dasar” sejauh ini dan dapat ditingkatkan lebih lanjut saat bergerak maju, tetapi hasil dari permintaan tarik awal menunjukkan kemungkinan manfaat yang signifikan. Implementasi AVX-512 ini digunakan secara otomatis saat berjalan di “Ice Lake” Xeon Scalable atau yang lebih baru atau Tiger Lake di sisi klien. CPU lama yang mampu AVX-512 tidak menggunakan kernel AVX-512 secara default karena risiko down-clocking yang dapat merusak kinerja.

Pekerjaan pengaktifan AVX-512 ini memuncak dengan rilis simdjson 2.0.0 kemarin. Pengumuman simdjson 2.0 membicarakan peningkatan kinerja sebesar 25~40% melalui jalur kode AVX-512 yang baru. Tentu saja, saya sangat ingin mengujinya sendiri dan menjalankan beberapa tolok ukur simdjson terhadap status 1.0 tanpa AVX-512.

Itulah berita seputar Intel AVX-512 Kemenangan Besar Untuk… Kinerja Parsing JSON, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.