Intel Bersiap Untuk Mengaktifkan Dukungan Intel Arc DG2/Alchemist Compute Di Linux

Sementara setiap beberapa hari sepertinya kami menulis tentang kode grafis DG2/Alchemist baru yang sedang disiapkan untuk kernel Linux atau komponen terkait seperti Mesa — dan ini sudah terjadi selama berbulan-bulan sekarang — mengetahui status kerja sebenarnya dari Intel Arc Graphics di Linux belum sepenuhnya jelas karena belum ada pengumuman/komunikasi resmi dari Intel mengenai ekspektasi dukungan Linux/persyaratan versi dan belum memiliki akses perangkat keras apa pun. Sementara sebagian besar dukungan grafis telah dikuadratkan untuk Intel Arc DG2/Alchemist seperti yang dibahas dalam artikel sebelumnya, ternyata dukungan komputasi masih menetap tetapi sekarang ada seri tambalan yang tertunda untuk benar-benar mengeksposnya.
Seri tambalan yang diposting hari ini mendapatkan dukungan komputasi yang diekspos ke ruang pengguna Linux dengan berbagai perubahan driver kernel, yang sebenarnya memperlihatkan mesin Compute Command Streamer (CCS) untuk kendaraan pengembangan perangkat lunak Xe_HP dan DG2, dan berbagai solusi yang diperlukan untuk dukungan komputasi GPU yang tepat.
Hanya dengan satu set tambalan yang dikirim hari ini, driver grafis kernel Linux Intel sedang disiapkan untuk mengaktifkan dukungan mesin komputasi untuk DG2 (Alchemist). Ini kemudian akan muncul di kernel Linux yang dirilis musim panas ini dengan asumsi dukungan siap untuk digunakan tepat waktu untuk v5.19. Jadi jika Anda menemukan seperti Intel Arc A-Series Mobile Graphics, mungkin ada sedikit menunggu di Dukungan komputasi GPU Linux sudah siap.

Ini agak mengejutkan bahwa kode ini belum digabungkan, tapi sayangnya masih banyak patch yang masih menyatu dan bukan informasi singkat untuk orang luar mengenai status dukungan Linux untuk produk yang belum dirilis. Dengan seri tambalan ini hanya sekarang berada di milis, dukungan komputasi DG2 (Alchemist) akan mendarat di sisi kernel di Linux 5.19 paling awal – dengan asumsi tambalan dalam kondisi baik dan masuk ke DRM-Berikutnya di masa mendatang minggu. Pada gilirannya Linux 5.19 stable tidak akan keluar hingga Agustus tetapi setidaknya harus keluar pada waktunya untuk digunakan oleh Fedora 37, Ubuntu 22.10, dan pembaruan distribusi Linux musim gugur lainnya.
Seri tambalan Rabu yang memungkinkan komputasi untuk Intel dGPU terbaru ini memiliki penyesuaian yang diperlukan untuk firmware pengontrol mikro GuC terbaru, memperlihatkan ABI mesin komputasi baru untuk ruang pengguna, mengonfirmasi empat mesin CCS untuk DG2/Xe_HP, dan memiliki berbagai solusi: membutuhkan untuk memastikan streamer perintah dihentikan sebelum pengaturan ulang GPU untuk menghindari kondisi balapan, mengaktifkan berbagai bit solusi berbasis firmware, mengatur ulang mesin RCS/CCS sebelum masuk ke status daya RC6, dan bug DG2 di mana konteks CCS dimatikan saat RCS sedang berjalan dapat menyebabkan kerusakan memori.
Seri tambalan mulai hari ini adalah yang membuat sisi kernel siap dukungan komputasi DG2. Kemudian di ruang pengguna adalah tumpukan Intel Compute-Runtime untuk oneAPI Level Zero dan dukungan OpenCL. Intel merilis rilis Compute-Runtime baru setiap satu atau dua minggu dan pada dasarnya sama dengan menggunakan rilis terbaru yang tersedia saat Anda menemukan prosesor grafis Intel Arc di tangan Anda.

Itulah berita seputar Intel Bersiap Untuk Mengaktifkan Dukungan Intel Arc DG2/Alchemist Compute Di Linux, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.