Intel Melanjutkan Persiapan Meteor Lake Untuk Coreboot

  • Post author:
  • Post category:Linux

Awal bulan ini Intel mulai melakukan kode Meteor Lake ke Coreboot untuk mulai mengaktifkan apa yang akan menjadi prosesor Core Generasi ke-14 di bawah solusi firmware sistem sumber terbuka yang digunakan oleh Google Chromebook dan kasus penggunaan lainnya. Insinyur Intel mengakhiri Juni dengan lebih banyak kode pengaktifan Meteor Lake yang mendarat di depan prosesor ini yang diharapkan diluncurkan pada 2023.
Selain insinyur sumber terbuka Intel yang bekerja pada pengaktifan Meteor Lake di dalam kernel Linux dan perangkat lunak sumber terbuka hulu lainnya, mereka juga melanjutkan tren pengaktifan awal mereka untuk Coreboot. Dalam konteks ini banyak motivasi Coreboot mereka tampaknya tentang memastikan desain Google Chromebook menang dengan Coreboot menjadi persyaratan di sana sementara sayangnya pemilihan motherboard ritel yang mampu menjalankan Coreboot sangat terbatas.

Pengangkatan SoC Meteor Lake awal ke tahap ROM dan RAM kini telah digabungkan ke Coreboot upstream. Ada juga ID baru yang ditambahkan, pekerjaan ACPI, dan pekerjaan tertunda lainnya untuk boot lebih lanjut Meteor Lake di Coreboot. Jadi semua tampaknya berjalan dengan baik di depan pengaktifan Meteor Lake jauh sebelum peluncuran dan akan sangat bagus jika AMD melakukan sumber daya serupa sejak awal untuk pekerjaan hulu yang tepat waktu.
Meteor Lake diperkirakan tidak akan dipasarkan hingga H2`2023 sebagai penerus prosesor Intel 13th Gen Core “Raptor Lake” yang diluncurkan akhir tahun ini. Meteor Lake diproduksi dengan proses Intel 4.

Itulah berita seputar Intel Melanjutkan Persiapan Meteor Lake Untuk Coreboot, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.