Intel Mempersiapkan Encoder Video SVT-AV1 1.0 Dengan Lebih Banyak Optimasi AVX2

  • Post author:
  • Post category:Linux

Kembali pada bulan Januari, para insinyur Intel merilis SVT-AV1 0.9 dengan peningkatan signifikan pada encoder AV1 open-source ini sementara sekarang saat kami memasuki Q2, SVT-AV1 v1.0 sedang disiapkan untuk diluncurkan.
Tagged pada hari Selasa adalah kandidat rilis pertama untuk SVT-AV1 v1.0.0. Rilis SVT-AV1 1.0-rc1 menambahkan lebih banyak pengoptimalan AVX2 untuk lebih mempercepat encoder AV1 berbasis CPU open-source terkemuka ini. SVT-AV1 1.0 juga telah ditambahkan dukungan S-frame, opsi “–fast-decode” sekarang berfungsi untuk preset M0 hingga M10 (opsi ditambahkan di v0.9.1 tetapi hanya untuk M5 hingga M10 di sana), tingkat yang lebih kuat verifikasi parameter kontrol, berbagai penyetelan level preset, dan berbagai optimasi memori.
SVT-AV1 1.0 tampaknya tidak terlalu signifikan dari perubahan fitur/kinerja seperti siklus v0.9, tetapi tetap akan menyenangkan untuk dijadikan tolok ukur mengingat lebih banyak pengoptimalan AVX2 dan penyetelan lainnya. Ketika rilis resmi SVT-AV1 1.0.0 sudah di depan mata, saya pasti akan menyalakan beberapa tolok ukur dengan terus terpesona oleh peningkatan kinerja yang dibuat oleh para insinyur Intel dengan encoder Teknologi Video Scalable mereka. SVT-AV1 telah membuat kemajuan besar dan memimpin adegan pengkodean AV1 sejak diperkenalkan tiga tahun lalu dan hanya salah satu dari banyak proyek open-source terkemuka Intel.
Mereka yang ingin mencoba kandidat rilis SVT-AV1 1.0 dapat menemukan sumber terkini di AOMdiaCodec GitLab.

Itulah berita seputar Intel Mempersiapkan Encoder Video SVT-AV1 1.0 Dengan Lebih Banyak Optimasi AVX2, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.