Intel Memulai Vision 2022 Dengan Habana Gaudi 2, Greco, 12th Gen Core HX, IPUs

Intel memulai acara “Intel Vision” perdana mereka hari ini di Texas dengan membuat beberapa pengumuman perangkat keras dan perangkat lunak terkemuka.

Intel menggunakan Vision 2022 untuk secara resmi meluncurkan prosesor Core HX “Alder Lake” Generasi ke-12 untuk workstation seluler. Prosesor Intel Core HX Generasi ke-12 memiliki fitur hingga 16 core dan kecepatan clock hingga 5 GHz dengan prosesor unggulan Core i9 12900HX.

Intel mengatakan bahwa mereka sekarang mengirimkan SKU awal mereka untuk prosesor “Sapphire Rapids” Intel Xeon Scalable Generasi ke-4. Pengiriman adalah “yang pertama dari banyak SKU” sementara mereka akan ditingkatkan hingga sisa tahun 2022. Detail tentang SKU awal ini masih ringan dan kami akan mempelajari lebih lanjut di akhir tahun dan semoga ketika kami akhirnya memiliki Sapphire Rapids for benchmarking.

Kami telah berbicara tentang GPU server Arctic Sound M (ATS-M) Intel untuk beberapa waktu, sebagian besar dalam konteks dukungan driver Linux open-source. Intel menggunakan Vision 2022 untuk membicarakan kemampuan enkode perangkat keras AV1 Arctic Sound M, target kinerja 150 TOPS, dan dukungan tumpukan perangkat lunak oneAPI open-source. Peluncuran ATS-M resmi sekarang dipatok untuk Q3.

Di sisi pusat data, Intel juga memaparkan lebih banyak detail Unit Pemrosesan Infrastruktur (IPU) mereka di Vision 2022. Tahun ini memiliki platform FPGA “Oak Springs Canyon” dan “Mount Evans” ASIC sementara 2023~2024 akan melihat platform Hot Springs Canyon dan Mount Morgan ASIC dengan konektivitas 400GB/dtk, naik dari 200GB/dtk. Untuk 2025/2026 mereka memiliki penawaran generasi berikutnya yang tidak diumumkan yang akan menawarkan kemampuan 800GB/dtk.

Intel terus membicarakan ekosistem perangkat lunak sumber terbuka mereka untuk IPU dan semua produk mereka yang lain dalam hal ini. Senang melihat upaya perangkat lunak sumber terbuka mereka berlanjut dengan kecepatan penuh di bawah kepemimpinan Pat Gelsinger.

Habana Gaudi2 diumumkan sebagai prosesor AI generasi berikutnya untuk pelatihan dan inferensi. Intel mengakuisisi Habana Labs pada tahun 2019 dan Gaudi2 sekarang siap sebagai akselerator AI generasi berikutnya. Intel mempromosikan Gaudi2 sebagai memberikan kinerja pelatihan AI dua kali lebih baik daripada penawaran berbasis NVIDIA A100 saat ini. Gaudi2 bergerak turun ke manufaktur 7nm, beralih dari 8 ke 24 TPC untuk dekode dan pemrosesan media, memori HBM2e 96GB dan cache SRAM 48MB, mendukung jaringan 24 x 100 GbE, dan memiliki TDP 600 Watt.

Habana Greco juga telah diumumkan sebagai penawaran baru mereka yang dioptimalkan untuk efisiensi inferensi pembelajaran mendalam. Greco akan dikirim ke pelanggan pada semester kedua tahun ini. Beralih dari Habana Goya yang ada ke Greco berarti manufaktur 16nm hingga 7nm, memori DDR4 40 GB/s hingga 204 GB/s LPDDR5, berbagai kemampuan perangkat keras baru, dan menjadi kartu HHHL slot tunggal dengan TDP 75 Watt dibandingkan dengan undian 200 Watt dengan perangkat keras Goya.

Intel Habana Gaudi2 dan Greco akan terus menggunakan rangkaian perangkat lunak SynapseAI. Ini sejalan dengan driver kernel AI Habana Labs sumber terbuka dan komponen perangkat lunak ruang pengguna sumber terbuka mereka sekarang, termasuk kompiler. Awalnya komponen ruang pengguna Habana Labs adalah sumber tertutup dan itulah yang menyebabkan banyak gesekan dengan pengembang kernel Linux upstream mengingat driver kernel mereka telah open-source dan upstream. Tahun lalu Intel membuka kode SynapseAI Core untuk mengatasi masalah gumpalan biner sebelumnya.

Di sisi perangkat lunak, Intel mengumumkan “Project Apollo” sebagai kumpulan lebih dari 30 solusi AI open-source yang dirancang untuk membuat AI lebih mudah diakses di -prem, cloud, dan lingkungan tepi.

Secara keseluruhan, beberapa pengumuman menarik dan saya akan bersemangat untuk mendapatkan beberapa perangkat keras untuk meletakkannya di lab untuk analisis dukungan Linux dan benchmarking.

Itulah berita seputar Intel Memulai Vision 2022 Dengan Habana Gaudi 2, Greco, 12th Gen Core HX, IPUs, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.