Intel Menambahkan Dukungan Driver Idle Linux Untuk Alder Lake

Sementara Intel Alder Lake telah keluar selama kira-kira setengah tahun sekarang dan telah bekerja dengan baik di Linux terutama dengan kernel v5.16+, driver “intel_idle” untuk manajemen waktu idle CPU belum mendukung desktop/seluler Intel terbaru ini. prosesor tetapi sekarang ada dukungan untuk kemungkinan manfaat penghematan daya.
Zhang Rui dari Intel pada hari Jumat mengirimkan patch yang menambahkan dukungan Alder Lake ke driver intel_idle Linux. Ini mirip dengan driver Intel Idle yang baru saja menambahkan dukungan Xeon Sapphire Rapids.
Driver intel_idle bekerja dengan CPU Intel yang didukung MWAIT dan bertujuan untuk menyediakan penggunaan Linux yang lebih hemat daya. Kita akan melihat dampak untuk Alder Lake sejauh ini jumlah daya CPU Linux tidak jauh berbeda dari apa yang kita lihat di Windows. Dengan patch dukungan Alder Lake yang baru diposting sekarang, patch tersebut tidak akan di-mainstream hingga setidaknya Linux 5.19.

Seperti dengan pekerjaan intel_idle Sapphire Rapids yang telah dibicarakan sebelumnya, status daya C1 dan C1E sekarang saling eksklusif dengan hanya satu dari status tersebut yang dapat diaktifkan pada satu waktu. Tetapi dengan dukungan Alder Lake ini, C1E lebih disukai daripada C1 — tidak seperti Sapphire Rapids di mana C1 lebih disukai karena latensi yang lebih rendah dalam keluar dari status karena penting untuk karakteristik kinerja server. Jadi dengan Alder Lake secara default, C1E akan lebih disukai untuk penghematan daya yang lebih besar meskipun dengan latensi yang sedikit lebih tinggi. Tetapi seperti Linux dan open-source pada umumnya, preferensi C1 dan C1E dapat dikonfigurasi dengan kernel.
Patch ini juga membawa tabel c-state kustom yang disetel untuk prosesor desktop Alder Lake mobile dan Alder Lake. Kami akan melihat apakah dukungan driver Intel Idle untuk Alder Lake ini membuat perbedaan yang berarti setelah kode yang terlambat ini digarisbawahi.

Itulah berita seputar Intel Menambahkan Dukungan Driver Idle Linux Untuk Alder Lake, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.