Intel Mengumumkan SYCLomatic Untuk Konversi Sumber Terbuka Kode CUDA Ke C++ SYCL

Intel hari ini telah mencabut embargo pada SYCLomatic, alat open-source baru mereka untuk membantu memigrasi basis kode yang menargetkan CUDA NVIDIA sehingga mereka dapat digunakan kembali untuk menargetkan C++ dan SYCL — sehingga dapat memanfaatkan prosesor grafis Intel dan jiving dengan tujuan oneAPI mereka.
SYCL adalah model pemrograman Khronos berdasarkan C++17 saat ini dan merupakan pendekatan sumber tunggal untuk menargetkan berbagai akselerator perangkat keras. SYCL independen dari kelompok kerja OpenCL Khronos dan telah melihat berbagai implementasi selama bertahun-tahun untuk memperkuat potensi komputasi di luar taman bertembok seperti NVIDIA CUDA.
Selama bertahun-tahun telah dilakukan berbagai upaya untuk membawa basis kode ke/dari SYCL ke model pemrograman lain. Ada orang-orang seperti hipSYCL untuk menargetkan AMD ROCm HIP, ComputeCpp, triSYCL, dan banyak lagi.
Intel dalam beberapa tahun terakhir telah bekerja untuk menyalurkan SYCL ke dalam komponen perangkat lunak oneAPI dan kompiler Data Parallel C++ (DPC++) dan merupakan salah satu rute pilihan mereka untuk program yang ingin menargetkan sistem heterogen Intel di seluruh CPU, GPU, dan XPU. Intel telah membantu mendorong dunia SYCL dengan kontribusi upstream ke LLVM dan komponen lainnya.
Tetapi dengan masih banyak basis kode di luar sana yang secara eksplisit menargetkan CUDA NVIDIA, Intel hari ini mengumumkan SYCLomatic sebagai alat konversi sumber terbuka yang bertujuan untuk secara otomatis mengonversi lebih banyak kode agar kompatibel dengan paradigma SYCL. Intel berharap ini akan menghasilkan lebih banyak perangkat lunak yang berjalan di CPU, GPU, dan FPGA mereka.
Intel SYCLomatic

Intel mengatakan SYCLomatic dapat mem-porting kira-kira “90-95%” kode CUDA secara otomatis ke dalam kode yang sesuai dengan SYCL. Tetapi mereka mengakui itu mungkin tidak sempurna dan mungkin masih ada penyesuaian khusus yang diperlukan untuk mencapai kinerja yang diinginkan untuk platform tertentu. Bagaimanapun, ini akan menjadi penghemat waktu awal yang besar bagi pengembang yang ingin menjelajahi port SYCL.
SYCLomatic tersedia melalui GitHub di bawah payung oneAPI mereka.

Itulah berita seputar Intel Mengumumkan SYCLomatic Untuk Konversi Sumber Terbuka Kode CUDA Ke C++ SYCL, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.