Intel Mulai Lobbing Lebih Banyak Patch Driver Grafis Meteor Lake Linux

  • Post author:
  • Post category:Linux

Dengan Intel DG2/Alchemist yang diselesaikan, cutoff DRM-Next untuk bahan kernel v5.20 telah berlalu, dan pengaktifan Raptor Lake juga tampak dalam kondisi yang baik mengingat sedikit perubahan pada Alder Lake, para insinyur sumber terbuka Intel telah mulai bekerja lebih banyak pada dukungan pengemudi Meteor Lake yang akan menggantikan Raptor Lake tahun depan.
Untuk Linux 5.20 ada bit pertama Meteor Lake yang berjumlah ID PCI dan informasi platform baru. Ini mengikuti persiapan grafis Meteor Lake lainnya yang dimulai awal bulan untuk komponen grafis open-source lainnya. Sekarang beberapa patch kernel Linux i915 yang lebih kecil sedang dikirim untuk dukungan grafis terintegrasi Meteor Lake.
Dikirim pagi ini 23 patch baru berjumlah sekitar seribu baris baru kode driver grafis kernel. Seri patch diringkas sebagai:
Id PCI dan definisi platform diposting sebelumnya. Seri ini menambahkan beberapa patch pengaktifan awal termasuk dukungan untuk sumur daya tampilan, pemetaan Saluran VBT dan AUX, dukungan PCH dan gmbus, dukungan dbus, mbus, sagv dan memori bandwidth.
Seri ini juga menambahkan dukungan untuk cara baru membaca versi Grafik, Media dan Tampilan. Seperti yang dikonfirmasi dengan patch driver grafis Meteor Lake Linux sebelumnya, grafik terintegrasi di Meteor Lake akan memiliki Xe_LPD+ Tampilan versi 14, versi 13 untuk blok medianya. , dan versi 12.70 untuk blok grafisnya. Kemampuan grafis Meteor Lake dari perspektif fitur sebagian besar harus sebanding dengan Xe HP (DG2).
Intel terus bekerja pada dukungan driver Linux mereka jauh sebelum peluncuran produk. Insinyur Intel Linux sering kali mulai memposting patch driver Linux mereka 12+ bulan sebelumnya untuk memastikan dukungan sumber terbuka yang baik dan siap pakai pada saat produk dikirimkan. telah melihat akhir-akhir ini perangkat keras grafis Intel baru menjadi lebih modular, terutama dari perspektif driver. Ini juga mirip dengan bagaimana kami telah melihat lebih banyak pengaktifan blok demi blok AMD untuk dukungan GPU baru.
Ke depan, tim perangkat keras tidak lagi menganggap platform baru memiliki “generasi” seperti yang telah kami definisikan untuk platform sebelumnya. Sebagai gantinya, setiap blok IP (grafik, media, tampilan) akan memiliki arsitektur versi mayor. minornya sendiri dan stepping ID yang harus dibaca langsung dari register di ruang MMIO. Gaya pemrograman perangkat keras baru, fitur, dan solusi harus hanya bergantung pada versi arsitektur, dan tidak boleh lagi diturunkan dari ID perangkat PCI, ID revisi, atau flag fitur khusus platform. 23 patch yang keluar hari ini tidak mengungkapkan apa pun detail terobosan fitur menarik untuk Meteor Lake tetapi lakukan lebih banyak pemipaan tingkat rendah untuk mempersiapkan prosesor Core Generasi ke-14 yang diharapkan akan dirilis pada H2`2023. Selain grafis, para insinyur Linux Intel terus mempersiapkan dukungan Meteor Lake untuk driver terkait lainnya yang bertujuan untuk mendapatkan dukungan out-of-the-box yang baik sebelum hari peluncuran.

Itulah berita seputar Intel Mulai Lobbing Lebih Banyak Patch Driver Grafis Meteor Lake Linux, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.