Intel oneVPL 2022.1 Membawa Dukungan Untuk Seri Arc A, Rocky Linux, Multi-GPU yang Lebih Baik

Sementara selama bertahun-tahun Intel secara tradisional mencurahkan semua perhatian akselerasi video mereka di Linux ke VA-API (dan Media SDK meskipun kurang populer di kalangan penggemar Linux), dengan dunia oneAPI modern untuk perangkat keras Intel, perpustakaan oneVPL mereka dengan cepat menjadi pesaing yang layak dan fokus utama untuk upaya akselerator video sumber terbuka mereka. Pada hari Jumat rilis oneVPL 2022.1 tersedia.
Perpustakaan Pemrosesan Video oneAPI (oneVPL) memungkinkan pengodean dan penguraian kode video pada perangkat keras grafis Intel bersama dengan pemrosesan video untuk membangun saluran media portabel di seluruh CPU / GPU / akselerator. Pustaka oneVPL mendukung berbagi buffer tanpa salinan dan berbagai fitur lainnya. Dukungan oneVPL asli difokuskan pada grafis Tiger Lake / Gen12 dan yang lebih baru sementara operatornya memungkinkan penargetan Intel Media SDK yang lebih lama untuk penggunaan kembali ke perangkat keras era Broadwell (Gen8 graphics).

Dengan rilis oneVPL 2022.1 kemarin, kini ada dukungan resmi untuk Intel’s Arc A Series Graphics sebagai grafis diskrit mereka yang akan datang untuk laptop dan desktop. Untuk pengguna Linux, rilis oneVPL 2022.1 menambahkan dukungan untuk distribusi Rocky Linux berbasis RHEL serta untuk penggemar Microsoft sekarang mendukung Windows 11, Windows Server 2022, dan toolchain Visual Studio 2022.
Rilis oneVPL 2022.1 juga membawa peningkatan untuk penggunaan multi-adaptor/multi-GPU library, operator oneVPL menambahkan dukungan untuk spesifikasi API 2.6, dan banyak lagi. Dukungan beberapa adaptor sekarang seharusnya mendukung sebagian besar kombinasi GPU Intel dengan Intel Media SDK (grafik pra-Gen12) dan oneVPL (Gen12+).
Unduhan dan detail lebih lanjut tentang rilis oneVPL 2022.1 melalui GitHub.

Itulah berita seputar Intel oneVPL 2022.1 Membawa Dukungan Untuk Seri Arc A, Rocky Linux, Multi-GPU yang Lebih Baik, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.