Intel Open-Source Vulkan Linux Driver Sekarang Mengekspos Ray-Tracing Untuk Arc Graphics

  • Post author:
  • Post category:Linux

Menjelang peluncuran Arc Graphics A770 unggulan pada 12 Oktober, driver Vulkan open-source Mesa “ANV” Intel akhirnya mengungkap dukungan ray-tracing untuk perangkat keras grafis DG2/Alchemist.
Kembali selama dua tahun, para insinyur driver open-source Intel telah bekerja menuju penelusuran sinar Vulkan dalam persiapan untuk DG2/Alchemist. Mereka telah membuat banyak perbaikan dan perubahan pada driver Mesa ANV mereka selama ini dengan tujuan untuk menawarkan dukungan yang baik untuk ray-tracing dengan Arc Graphics. Akhirnya sekarang dan tepat sebelum peluncuran Oktober, itu cukup baik untuk diekspos secara default.
Selama tiga bulan terakhir, permintaan penggabungan ini seputar dukungan penelusuran sinar ANV dan dalam semalam akhirnya mendarat untuk Mesa 22.3. Permintaan penggabungan ini dilanjutkan dan mengiklankan dukungan ray-tracing, mengimplementasikan VK_KHR_pipeline_library, dan banyak bit lainnya yang tersisa untuk membuat Vulkan ray-tracing siap digunakan untuk Intel Arc Graphics di Linux.

Semua kode Intel ANV baru ini akan ditemukan di Mesa 22.3 karena akan dirilis sekitar akhir November atau (kemungkinan besar) Desember.
Bagi mereka yang berharap untuk mengambil Intel A770 pada bulan Oktober, bersiaplah untuk menjalankan Mesa Git. Seperti yang saya uraikan dalam pengujian Arc Graphics A380 Linux saya, pengguna Linux dengan Arc Graphics akan membutuhkan setidaknya Linux 6.0 (dan bahkan dengan v6.0 untuk menggunakan opsi i915.force_probe= untuk benar-benar memiliki dukungan), Mesa 22.2 atau yang lebih baru tetapi sekarang dengan fitur seperti RT akan ingin berada di Mesa 22.3-devel, dan linux-firmware.git sebagai persyaratan versi utama. Pada distribusi musim semi dengan seperti Ubuntu 23.04 harus dukungan out-of-the-box untuk DG2/Alchemist sementara untuk saat ini pelanggan awal perlu menjalankan perangkat lunak yang agak berdarah tumpukan.

Itulah berita seputar Intel Open-Source Vulkan Linux Driver Sekarang Mengekspos Ray-Tracing Untuk Arc Graphics, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.