Kali Linux 2022.3 Dirilis dengan Linux 5.18, Alat Peretasan Baru, dan Lingkungan Lab Uji

  • Post author:
  • Post category:Linux


Offensive Security hari ini telah merilis Kali Linux 2022.3 sebagai versi terbaru dari distribusi GNU/Linux berbasis Debian untuk peretas etis dan penguji penetrasi.

Kali Linux 2022.3 hadir hampir tiga bulan setelah Kali Linux 2022.2 sebagai pembaruan besar dan kuat untuk distro peretasan etis yang membawa banyak perubahan yang menarik, dimulai dengan upgrade besar kernel dari Linux 5.16 yang digunakan pada rilis sebelumnya ke kernel Linux 5.18. Juga menabrak kernel yang digunakan untuk perangkat Raspberry Pi, ke Linux 5.15 LTS.

Rilis ini juga memperkenalkan alat peretasan baru, yaitu alat analisis jaringan BruteShark, korelasi kerentanan aplikasi open-source DefectDojo dan alat orkestrasi keamanan, kerangka kerja pasca-eksploitasi siluman phpsploit, alat shellfire untuk mengeksploitasi kerentanan LFI/RFI dan injeksi perintah, serta SprayingToolkit untuk serangan penyemprotan kata sandi terhadap Lync/S4B, OWA, dan O365.

Salah satu perubahan paling menarik di Kali Linux 2022.3 adalah apa yang disebut lingkungan lab uji baru untuk penguji penetrasi yang menginginkan cara cepat untuk membuat test bed yang membantu mereka mempelajari, berlatih, dan membandingkan berbagai alat peretasan dan membandingkan hasilnya. Lingkungan Test Lab yang baru terdiri dari DVWA (Damn Vulnerable Web Application) dan OWASP Juice Shop, yang dapat diinstal melalui kali-linux-labs metapackage.
“Practice make ~perfect~ permanen. Jadi latihan, latihan, latihan! Pikiran yang ingin tahu kemudian dapat mulai bereksperimen dengan konfigurasi, opsi, perintah, dan flag baru. Kemudian mulailah untuk menyatukan item, atau membandingkan solusi serupa dan alternatif, kemudian membandingkan hasilnya, untuk menjadi lebih terdidik dan membangun tolok ukur pengetahuan. Ini meningkatkan pengalaman,” demikian pengumuman rilis.
Di antara perubahan penting lainnya, rilis Kali Linux 2022.3 menghadirkan tampilan baru pada login Xrdp, membersihkan repositori jaringan, mengecilkan direktori /kali dari 1,7TB menjadi 520GB, memperbarui berbagai Kali NetHunter aplikasi di NetHunter Store ke versi terbaru mereka, menyetel ukuran partisi boot default untuk perangkat Kali ARM menjadi 256 MB, dan meningkatkan dukungan untuk laptop Pinebook ARM PINE64.

Kali Linux 2022.3 tersedia untuk diunduh sekarang juga dari situs web resmi sebagai berbagai edisi untuk bare metal, mesin virtual, ARM dan perangkat seluler, lingkungan cloud, container, WSL, dan banyak lagi. Satu hal yang perlu diperhatikan bagi mereka yang ingin menjalankan Kali Linux di dalam mesin virtual adalah bahwa dukungan untuk VirtualBox telah diperbarui dengan menyediakan gambar disk VDI kepada pengguna dan file metadata .vbox yang sesuai.
Download Kali Linux 2022.3 Live

Sumber: Google, 9to5linux.com