Kali Unkaputtbar Membawa Snapshot Sistem File ke Sistem Kali Linux Berbasis Btrfs

  • Post author:
  • Post category:Linux


Offensive Security hari ini mengumumkan Kali Unkaputtbar, sebuah fitur baru untuk peretasan etis Kali Linux dan pengujian penetrasi distribusi GNU/Linux yang mengimplementasikan snapshot sistem file pada bare metal.

Jika Anda pernah ingin memiliki snapshot sistem file pada instalasi Kali Linux Anda, sekarang Anda dapat dengan Kali Unkaputtbar, fitur baru yang mengimplementasikan hal itu di semua Kali Linux 2022.1 dan sistem yang lebih baru yang menggunakan sistem file Btrfs secara default.

Kali Unkaputtbar mengimplementasikan snapshot otomatis untuk instalasi atau penghapusan APT, snapshot otomatis pada setiap boot, pembuatan otomatis Kali Linux tata letak subvolume Btrfs tertentu, dan menambahkan menu boot baru di bootloader GRUB untuk memungkinkan pengguna mem-boot ke snapshot tertentu dengan cara baca/tulis.

Selain itu, ini memanfaatkan manajer snapshot Btrfs snapper openSUSE untuk melakukan perbedaan antara snapshot, mendukung memulihkan file individual, memungkinkan pengguna menelusuri konten file snapshot dan menyalin file di seluruh em, dan menambahkan dukungan untuk menyiapkan snapshot otomatis tambahan, seperti drive /home Anda.
“Pernahkah Anda berharap dapat melakukan perjalanan kembali ke masa lalu setelah menghapus laporan pelanggan penting itu atau setelah menginstal driver yang rusak (Nvidia?) tepat sebelum menuju rapat dewan? Nah, sebaiknya Anda terus membaca, karena sekarang Anda bisa,” kata Offensive Security.
Pikirkan Kali Unkaputtbar sebagai fitur snapshot pada mesin virtual, tetapi pada bare metal dan sepenuhnya otomatis. Pengguna Kali Linux 2022.1 dan yang lebih baru yang menggunakan sistem file Btrfs bisa mendapatkan fitur ini dan memanfaatkannya sepenuhnya dengan mengaktifkan snapshot otomatis mengikuti instruksi yang diberikan oleh Offensive Security.

Untuk detail lebih lanjut dan untuk melihat fitur ini beraksi, lihat rilis halaman pengumuman. Namun, sebelum mengaktifkan Kali Unkaputtbar di sistem Kali Linux Anda, pastikan Anda membaca dokumentasi di atas dengan saksama.

Sumber: Google, 9to5linux.com