KDE Frameworks 5.94 Dirilis dengan Lebih dari 200 Perubahan, Inilah Yang Baru


Proyek KDE hari ini merilis KDE Frameworks 5.94 sebagai pembaruan bulanan untuk koleksi sumber terbuka lebih dari 80 add-on library ke Qt yang menyediakan fungsionalitas umum yang diperlukan untuk lingkungan desktop Plasma dan berbagai aplikasi KDE.

Sorotan dari rilis KDE Frameworks 5.94 termasuk dukungan untuk desktop Plasma untuk menampilkan pratinjau ikon untuk file pada drive NFS atau NTFS, Sampah, Plasma Vaults, KDE Connect mount, dan lokasi non-lokal lainnya.
“Perhatikan bahwa ini berarti pembuatan pratinjau dapat sekali lagi menyebabkan pelambatan dan pembekuan di Lumba-lumba ketika mengakses lokasi tersebut jika mereka lambat, dan kami sedang bekerja pada cara yang lebih baik untuk menghindari hal ini tanpa membuang bayi keluar dengan air mandi dengan menonaktifkan pratinjau sepenuhnya, “peringatan pengembang Nate Graham.
Ini juga meningkatkan pesan placeholder di seluruh berbasis Kirigami aplikasi dan desktop Plasma untuk membuatnya lebih mudah dibaca dan terlihat lebih bagus, menambahkan dukungan skala ikon hingga 512 px ke file, buka dan simpan dialog, saat kami ll sebagai tampilan ikon sebaris di berbagai aplikasi, seperti editor video Kdenlive, dan membuat aplikasi yang mendukung pengaturan skema warna khusus untuk seluruh jendela lebih cepat diluncurkan, seperti emulator terminal Konsole.

Selanjutnya, KDE Frameworks 5.94 meningkatkan perilaku saat menutup jendela yang memunculkan jendela “Dapatkan [hal]” anak untuk juga menutup jendela anak saat menutup jendela utama, meningkatkan volume OSD pada sesi Plasma X11 agar tidak lagi muncul di sudut kiri atas layar , dan meningkatkan kotak centang dan tombol radio di seluruh desktop Plasma agar tidak lagi terlihat buram atau terpotong di bagian bawah atau sedikit terjepit saat menggunakan font dan ukuran font tertentu.

Selain itu, rilis ini mengimplementasikan komponen placeholder “memuat” standar dalam kerangka Kirigami , yang akan di-porting ke semua aplikasi Kirigami untuk memberi pengguna indikator pemuatan yang konsisten, mengimplementasikan opsi untuk membuka lokasi di jendela baru saat mengklik kanan pada item jalur di Navigator URL di seluruh aplikasi KDE, dan mengimplementasikan dukungan sentuh untuk Panel Tempat Dolphin, dialog Buka dan Simpan, Gwenview, dan semua aplikasi berbasis QtWidgets.

Berbagai bug dan kerusakan telah diatasi di Kerangka KDE 5.94 untuk membuat desktop Plasma dan aplikasi KDE Anda lebih baik dan lebih stabil. Misalnya, Kate, KWrite, dan aplikasi berbasis KTextEditor lainnya tidak lagi mogok saat menentukan jenis file baru untuk aplikasi yang ingin Anda buka, dan aplikasi KDE yang mampu membuka file .psd tidak lagi mogok saat membuka gambar yang salah format.

Juga diperbaiki adalah kerusakan di desktop Plasma yang terjadi ketika tema aktif tidak dapat ditemukan, memperbaiki kerusakan di pengelola file Dolphin yang terjadi saat menutupnya dari item daftar “Tutup Tab” dari palet perintah, memperbaiki kerusakan lain di Desktop plasma yang terjadi saat mengubah wallpaper dari menu konteks untuk file gambar di Dolphin atau di desktop, dan memperbaiki hang di pengelola paket Discover yang terjadi saat mengunjungi halaman “Tentang” nya.

Kebocoran memori juga ditangani di sini pembaruan, yang memengaruhi banyak aplikasi berbasis Kirigami, serta bug yang dapat menyebabkan transfer file ke berbagi SMB (Samba) gagal selama transfer.

Selain itu, KDE Frameworks 5.94 memperbaiki perilaku widget di panel yang o pena pop-up untuk tidak lagi membukanya dengan ukuran yang sangat kecil dan tidak dapat digunakan, dan menerapkan kembali efek sorotan pada kursor di applet yang menggunakan versi sorotan PlasmaComponents 2 yang tidak digunakan lagi, seperti menu aplikasi Legacy Kickoff. Kerangka KDE 5.94 rilis membawa lebih dari 200 perubahan, jadi periksa log perubahan lengkap di halaman pengumuman rilis jika Anda ingin tahu lebih banyak tentangnya. Sementara itu, awasi repositori stabil dari distribusi GNU/Linux favorit Anda untuk paket 5.94 jika Anda menggunakan lingkungan desktop Plasma dan perbarui sesegera mungkin.

Sumber: Google, 9to5linux.com