KDE Gear 22.04 Hadir dengan Kalendar, Banyak Peningkatan untuk Aplikasi KDE Favorit Anda


Proyek KDE hari ini mengumumkan ketersediaan umum rangkaian perangkat lunak sumber terbuka KDE Gear 22.04 untuk lingkungan desktop KDE Plasma dengan berbagai fitur dan peningkatan baru untuk aplikasi KDE favorit Anda. Aplikasi Kalendar, aplikasi kalender dan pengelolaan tugas modern untuk lingkungan desktop KDE Plasma Anda yang menampilkan antarmuka yang menarik dan juga berfungsi pada platform Plasma Mobile untuk perangkat seluler.

KDE Gear 22.04 membawa banyak peningkatan pada pengelola file Dolphin, yang sekarang menampilkan thumbnail untuk File EPUB dan Krita (.kra), memungkinkan Anda menyeret dan melepaskan sesuatu dari pengelola arsip Ark ke item di panel Dolphin’s Places, menawarkan konektivitas yang ditingkatkan dengan perangkat MTP, menampilkan dimensi gambar di bawah pratinjaunya, dan menunjukkan .part untuk diunduh sebagian , menyalin, atau memindahkan file.

Selain itu, menu konteks Dolphin sekarang terbuka secara signifikan lebih cepat ketika Ark i s diinstal, tampilan utama Dolphin sekarang berfungsi lebih baik pada bahasa RTL (Kanan-ke-Kiri), dan Dolphin sekarang menghasilkan arsip dengan nama file berdasarkan nama file terkompresi saat mengompresi file dari menu konteksnya. Selain itu, KDE Gear 22.04 memperbaiki kesalahan visual pada tampilan utama Dolphin yang dapat dipicu saat melakukan zooming.

Tapi bukan itu saja, karena properti tampilan per folder Dolphin sekarang menggunakan pengaturan tampilan yang lebih relevan di berbagai lokasi. Misalnya, daftar tampilan pencarian menyertakan kolom yang menunjukkan lokasi sebenarnya dari semua kecocokan, pencarian “File Terbaru” dan “Lokasi Terbaru” sekarang mengelompokkan item menurut hari, tampilan daftar tampilan Sampah memiliki kolom yang menampilkan “lokasi asli” dan “Waktu penghapusan”, dan seterusnya.

Pemutar musik Elisa menerima banyak peningkatan dan fitur baru di KDE Gear 22.04. Di antaranya, ada daftar putar yang diubah sepenuhnya menggunakan kerangka Kirigami, dukungan untuk menampilkan metadata Bit Rate dan Sample Rate menggunakan unit sensical, kemampuan untuk menampilkan nama trek yang tepat pada daftar putar saat mode acak digunakan, serta dukungan untuk menutup jendela metadata dengan tombol Esc.

Selanjutnya, pintasan keyboard Elisa sekarang berfungsi dengan baik di semua bahasa yang didukung, ikon baki sistemnya sekarang dapat dinaikkan ke depan dengan mengkliknya ketika Elisa dikonfigurasi untuk meminimalkan ke baki sistem ketika jendela utamanya ditutup, item bilah sisi kiri sekarang lebih tebal dalam Mode Tablet, bilah gulir tampilan tidak lagi tumpang tindih dengan ikon ketika diciutkan ke mode ikon, dan tombol item daftar putar sekarang runtuh menjadi menu ketika tidak ada cukup ruang untuk menampilkannya.

Kdenlive, yang kuat editor video dari KDE, menerima dukungan awal untuk warna 10-bit, dialog render yang diubah, opsi rendering yang lebih mudah dilihat, kemampuan untuk membuat profil yang disesuaikan s untuk video yang dirender untuk beradaptasi secara sempurna dengan kebutuhan Anda, kemampuan untuk merender berdasarkan zona, dan banyak lagi.

KDE Gear 22.04 juga dilengkapi dengan peningkatan pada aplikasi pemindaian Skanpage, seperti kemampuan untuk mengonfigurasi pengaturan pemindai mana yang terlihat pada Opsi Pemindai sidebar, serta dukungan untuk berbagi dokumen yang dipindai, termasuk file PDF multi-halaman, menggunakan sistem berbagi KDE standar.

Juga ditingkatkan adalah editor teks Kate, yang bilah pencarian cepatnya tidak lagi menggantikan bilah status saat terlihat, sekali lagi melompat ke tab yang dibuka sebelumnya saat tab saat ini ditutup, jendela pengaturannya sekarang muat di layar kecil perangkat seluler, dan mengingat daftar dokumen atau tab yang dibuka saat aplikasi ditutup secara otomatis dengan keluar, memulai ulang, atau mematikan komputer Anda.

Penampil dokumen Okular sekarang terbuka ke layar selamat datang ketika diluncurkan tanpa dokumen dan tombol “Simpan” sebaris yang tertanam di dalam dokumen PDF sekarang berfungsi k seperti yang diharapkan.

Emulator terminal Konsole sekarang hadir dengan plugin SSH yang jauh lebih baik dengan kemampuan untuk menetapkan profil visual yang berbeda dengan warna berbeda untuk latar belakang, teks, dll., dukungan untuk gambar Sixel yang dapat ditampilkan di dalam jendela, juga sebagai kemampuan untuk membuka direktori saat ini atau folder yang diklik kanan lainnya di aplikasi apa pun.

Penampil gambar Gwenview sekarang menampilkan pintasan yang lebih baik untuk “pergi ke berikutnya” dan “pergi ke sebelumnya” ketika file video ditemukan, tooltips dan diperluas lengkap teks bantuan ke tombol “Fit” dan “Show Thumbnail”, serta kemampuan untuk beralih di antara item menggunakan tombol panah kiri dan kanan saat menggunakan mode Tampilan.

Di antara perubahan penting lainnya, KDE Gear 22.04 memperbaiki crash di KIO saat mencoba untuk membuka file yang tidak dapat dibaca di lokasi SFTP, meningkatkan animasi geser ke atas dan ke bawah Yakuake di sesi Plasma Wayland, menambahkan dukungan untuk lebih banyak perusahaan kereta api (seperti Renfe dan Amtrak) dan maskapai penerbangan di KD Aplikasi E Itinerary, dan meningkatkan alat anotasi Spectacle dengan fungsi crop, scale, undo, dan redo, serta kemampuan untuk mengingat pengaturan anotasi selama restart.

Untuk detail lebih lanjut, lihat changelog lengkap di halaman pengumuman rilis. Paket KDE Gear 22.04 akan segera tiba di repositori perangkat lunak yang stabil dari beberapa distribusi GNU/Linux paling populer, jadi pastikan Anda selalu memperbarui instalasi KDE Plasma Anda untuk menikmati semua fitur dan peningkatan baru.

Sumber: Google, 9to5linux.com