KDE Gear 22.08 Tiba dengan Dukungan, Markup, dan Anotasi Portal XDG di Gwenview

  • Post author:
  • Post category:Linux


Proyek KDE hari ini merilis KDE Gear 22.08 sebagai seri stabil baru dari rangkaian perangkat lunak sumber terbuka untuk lingkungan desktop KDE Plasma dan proyek lainnya. pernak-pernik untuk aplikasi KDE favorit Anda, dimulai dengan dukungan untuk antarmuka Portal XDG di aplikasi Dolphin, Gwenview, dan Spectacle untuk memungkinkan menyeret dan menjatuhkan file secara aman ke dalam aplikasi kotak pasir, seperti Flatpaks.

Fitur baru keren lainnya di rilis KDE Gear 22.08 adalah kemampuan untuk menandai dan membubuhi keterangan gambar di penampil gambar Gwenview. Pengembang mencatat fakta bahwa implementasinya menggunakan UI anotasi yang sama yang ada di utilitas tangkapan layar Spectacle.

Berbicara tentang Spectacle, utilitas tangkapan layar sekarang memungkinkan Anda keluar dari mode Anotasi dengan menekan tombol Esc alih-alih keluar dari seluruh aplikasi. Selain itu, jendela Spectacle sekarang berubah ukuran secara otomatis ketika memberi anotasi pada tangkapan layar untuk mengakomodasi gambar dalam ukuran penuhnya dan utilitas sekarang menunjukkan kepada Anda pintasan keyboard global yang digunakan untuk membukanya dengan berbagai mode pengambilan.

Pengelola file Dolphin juga menerima berbagai peningkatan, seperti kemampuan untuk menafsirkan item yang diseret dan dijatuhkan ke area kosong yang menampilkan tampilan Detail sebagai penurunan ke tampilan yang terlihat alih-alih sub-folder pada baris di bawah kursor mouse.

Selain itu, tindakan “Show Statusbar” Dolphin sekarang juga tersedia dari menu Pengaturan dan pesan placeholder yang muncul di tengah jendela sekarang mengatakan “Memuat dibatalkan” alih-alih “Folder kosong” saat membatalkan pemuatan folder yang lambat.

Penampil dokumen Okular telah diperbarui untuk muncul di daftar aplikasi pilihan untuk membuka file PDF secara eksternal di aplikasi kotak pasir, dan sekarang muncul di dialog “Buka Dengan…” yang ditunjukkan oleh aplikasi kotak pasir.

KDE Gea r 22.08 juga dilengkapi dengan aplikasi pemutar musik Elisa yang diperbarui yang sekarang dapat membuka file dari jalur relatif juga dan fitur entri bilah sisi yang ditingkatkan yang sekarang dipesan dengan benar saat mengubah apa yang tertanam di bilah sisi. Selain itu, Konsole sekarang membawa Anda ke sesi tertentu ketika mengklik pemberitahuan tentang sesi tertentu itu, webcam sekarang muncul dengan benar di daftar pemindai Skanpage, Kalendar menerima dukungan untuk kontak, dan thumbnail buku komik sekarang mendukung file buku komik dengan lebih banyak format gambar yang digunakan di dalamnya.

Untuk detail lebih lanjut tentang perubahan yang diterapkan dalam rangkaian perangkat lunak KDE Gear 22.08, lihat halaman pengumuman rilis. Sementara itu, jika Anda menggunakan lingkungan desktop KDE Plasma atau salah satu aplikasi KDE yang disertakan dalam rangkaian perangkat lunak KDE Gear, awasi pembaruan versi 22.08.

Sumber: Google, 9to5linux.com