KDE Merilis Plasma Mobile Gear 22.04 dengan Banyak Pernak-Pernik untuk Pengguna Telepon Linux


Proyek KDE hari ini dirilis Plasma Mobile Gear 22.04 sebagai versi terbaru dari rangkaian perangkat lunak ini untuk lingkungan desktop Plasma Mobile untuk perangkat seluler yang diberdayakan Linux. Shell, termasuk kemampuan untuk mengganti layar beranda, yang membuka jalan untuk mendukung layar beranda pihak ketiga di toko KDE.

Layar Beranda juga menerima animasi tumbuh/menyusut baru untuk membuat ikon aplikasi terasa lebih reaktif terhadap interaksi pengguna, dan teks tebal untuk aplikasi untuk meningkatkan keterbacaan. Di sisi lain, Pengalih Tugas menerima fitur baru yang memungkinkan pengguna mengurutkan tugas berdasarkan “ketika dibuka” alih-alih menurut abjad.

Selain itu, panel navigasi dibuat buram saat keyboard dibuka, laci tindakan sekarang dapat dibuka dari layar kunci dengan izin terbatas dan sekarang dimungkinkan untuk menyusun ulang Pengaturan Cepat di modul pengaturan “Shell”. Selain itu, pemutar media telah diperbarui untuk mendukung streaming bersamaan.

Juga ditingkatkan di Plasma Mobile Gear 22.04 adalah aplikasi Pengaturan dengan modul pengaturan jaringan seluler yang didesain ulang dan halaman APN yang diperbarui, aplikasi Plasma Dialer dengan dukungan untuk daemon callaudiod dari proyek Mobian, serta aplikasi Jam dengan dukungan untuk portal latar belakang Flatpak untuk memulai daemon di kotak pasir.

Klien Tokodon Mastodon juga telah diperbarui dalam rilis utama ini dengan penampil profiler pengguna yang didesain ulang yang sekarang menampilkan semua informasi yang tersedia dari akun Mastodon Anda, bersama dengan kemampuan untuk berinteraksi (mengikuti, memblokir, dan membisukan) dengan akun Mastodon lainnya.

Aplikasi Kalendar baru sekarang menjadi bagian dari rangkaian perangkat lunak Plasma Mobile Gear karena juga berfungsi pada perangkat seluler (ditambahkan ke paket perangkat lunak KDE Gear 22.04 untuk desktop Plasma minggu lalu).

Di antara peningkatan lainnya, Plasma Mobile Gear 22.04 semakin meningkatkan Nextcloud Talk c aplikasi lient, namun belum direkomendasikan untuk penggunaan produksi, menambahkan berbagai peningkatan UI ke bilah alat header dan navigasi aplikasi, meningkatkan tata letak “Tambah Lampiran”, menambahkan opsi pengaturan pemberitahuan untuk menampilkan atau menyembunyikan pengirim dan konten pesan di layar kunci, mengimplementasikan dukungan untuk memilih nomor telepon untuk kontak yang memiliki beberapa nomor terlampir, dan menambahkan dukungan untuk tautan yang dapat diklik di pesan.

Untuk detail lebih lanjut (dengan tangkapan layar), lihat halaman pengumuman rilis. Sementara itu, jika Anda memiliki perangkat seluler yang menggunakan lingkungan desktop Plasma Mobile, awasi panel pembaruan untuk paket Plasma Mobile Gear 22.04 yang baru.

Sumber: Google, 9to5linux.com