KDE Plasma 5.25 Beta Hadir dengan Panel Mengambang, Opsi Kustomisasi Baru, dan Lainnya


Proyek KDE hari ini merilis versi beta publik dari seri lingkungan desktop KDE Plasma 5.25 yang akan datang, yang menjanjikan banyak fitur baru, peningkatan, dan lebih banyak opsi penyesuaian.

KDE Plasma 5.25 dikemas dengan banyak fitur baru, termasuk kontrol penuh Mode Tablet dari sesi Wayland dan X11, efek pudar silang yang mulus saat mengubah antara skema warna lama dan baru, aplikasi “Penampil Proses Rusak”, dan gerakan touchpad mengikuti jari baru untuk perangkat yang ramah sentuhan.

Juga baru adalah jendela konfigurasi untuk KRunner, dukungan untuk mengonfigurasi semua tombol perangkat Wacom ExpressKey Remote, kemampuan untuk mengakses dan memanipulasi tata letak Plasma yang ditetapkan ke layar lain dari lokasi pusat di bilah alat Mode Edit global, serta mode mengambang baru untuk panel yang terlepas dari bagian bawah layar agar lebih terlihat seperti dok.
“Dalam mode ini, masih berfungsi secara identik dengan panel tradisional, dan cl ick di area kosong akan diteruskan ke panel. Selain itu, panel “tidak mengambang” ketika ada jendela yang dimaksimalkan,” jelas pengembang KDE Nate Graham.
Fitur baru lainnya yang keren dari lingkungan desktop KDE Plasma 5.25 adalah kenyataan bahwa Anda sekarang dapat memilih bagian-bagian dari tata letak desktop yang yang ingin Anda ubah saat menerapkan Tema Global di Pengaturan Sistem.

Selain itu, KDE Plasma sekarang memungkinkan Anda mengedit skema warna untuk membuat warna aksen secara halus mewarnai semua warnanya, serta mengatur warna aksen agar dihasilkan secara otomatis berdasarkan warna wallpaper desktop Anda saat ini.

KDE Plasma 5.25 juga menjanjikan dukungan yang lebih baik untuk aplikasi GTK yang menggunakan tema Breeze GTK agar sesuai dengan gaya aplikasi Qt/KDE, aplikasi Monitor Sistem yang ditingkatkan yang sekarang menawarkan opsi untuk membuat halaman mulai memuat data segera setelah aplikasi dibuka, dan menambahkan efek “goyang” untuk layar login ketika kredensial yang salah dimasukkan, yang dapat Anda lihat di bawah.

Untuk sesi Plasma Wayland, KDE Plasma 5.25 meningkatkan mu gerakan layar sentuh lti-jari dan gerakan “geser” untuk beralih desktop virtual mengikuti jari Anda, meningkatkan pengalaman pengguna untuk gamer dengan menonaktifkan tindakan tepi layar, memungkinkan Anda mengubah resolusi layar ke resolusi di luar yang didukung secara resmi, dan menambahkan dukungan untuk protokol “pemulihan sesi screencast” untuk integrasi aplikasi yang lebih baik menggunakan portal XDG, seperti Flatpaks dan Snaps.

Manajer paket grafis Plasma Discover juga menerima beberapa peningkatan, seperti kemampuan untuk menunjukkan tingkat akses aplikasi ke sumber daya di sistem, kemampuan untuk menghapus pengaturan dan data pengguna aplikasi Flatpak dengan mudah, kemampuan untuk memperingatkan pengguna tentang risiko menginstal perangkat lunak berpemilik, kemampuan untuk menampilkan ukuran aplikasi yang diinstal dan konten lainnya pada halaman “Terpasang”, serta sebagai dukungan untuk portal “Peluncur dinamis” untuk integrasi sistem yang lebih baik dari aplikasi Flatpak dan Snap.

Di antara perubahan penting lainnya, KDE Plasma 5.25 menambahkan su pport untuk mengaktifkan efek KWin menggunakan gesekan tepi layar sentuh, memungkinkan Anda menambahkan lebih banyak lokasi dan tempat ke daftar/kisi “Favorit” di Kickoff, Kicker, dan Dasbor Aplikasi, menambahkan opsi untuk mengecualikan jendela yang diperkecil ke efek Ikhtisar, menambahkan efek langsung dari fitur Warna Malam, memperbarui halaman “Tentang Sistem ini” di Pusat Info untuk menampilkan informasi perangkat keras yang lebih relevan.

Ini juga menambahkan kemampuan untuk mengedit perintah Berhenti dan Mulai Ulang di halaman Layar Masuk Pengaturan Sistem (SDDM), memperbarui Jaringan, Baterai dan Kecerahan, Pengontrol Media, dan applet Daftar Jendela, widget Volume Audio dan Pemutar Media, efek Ikhtisar, dan berbagai halaman Pengaturan Sistem dengan fitur dan peningkatan baru, dan memperbaiki banyak bug untuk pengalaman desktop Plasma yang lebih baik.

Pengadopsi awal tertarik dalam uji mengemudi versi beta lingkungan desktop KDE Plasma 5.25 dapat mengunduh berbagai distribusi GNU/Linux langsung yang mengirimkan rilis pengembangan KDE Plas ma, seperti KDE neon Unstable Edition, Garuda Linux KDE-Git Edition, atau openSUSE Krypton. Detail lebih lanjut dapat ditemukan di halaman pengumuman rilis.

Rilis final KDE Plasma 5.25 akan tiba pada 14 Juni 2022.

Sumber: Google, 9to5linux.com