KDE Plasma 5.26.4 Keluar untuk Meningkatkan Plasma Wayland, Notifikasi, dan Lainnya

  • Post author:
  • Post category:Linux


Proyek KDE merilis KDE Plasma 5.26.4 hari ini sebagai pembaruan pemeliharaan keempat untuk seri lingkungan desktop KDE Plasma 5.26 terbaru yang mengatasi lebih banyak bug dan memoles fitur yang ada.

KDE Plasma 5.26.4 hadir tiga minggu setelah pembaruan KDE Plasma 5.26.3 dan selanjutnya meningkatkan sesi Plasma Wayland dengan memperbaiki dua kerusakan, satu yang terjadi saat mengetuk layar sentuh setelah melepaskan layar eksternal dan satu lagi saat menggerakkan kursor di atas panel Plasma.

Sesi Plasma X11 juga telah ditingkatkan bagi mereka yang tidak atau tidak dapat menggunakan Wayland. Rilis ini mengatasi masalah yang menyebabkan munculnya area kosong di sekitar panel Plasma saat menonaktifkan pengomposisian.

KDE Plasma 5.26.4 juga meningkatkan notifikasi Plasma sehingga tidak lagi memiliki sudut tajam yang tidak tepat, meningkatkan dukungan untuk konfigurasi multi-monitor dengan memastikan susunan vertikal monitor tidak lagi sedikit tumpang tindih dengan satu piksel, dan meningkatkan pembukaan kunci layar dengan sidik jari, yang sekarang berfungsi out-of-the-box tanpa harus mengklik tombol “Buka Kunci”. Selain itu, titik KDE Plasma 5.26 baru ini rilis membuat bilah progres di lembar Kemajuan Tugas Plasma Discover jauh lebih terlihat, memperbaiki masalah berkedip ikon pemutar media saat mengubah trek dan widget Plasma Media Player terlihat, dan memperbarui menu aplikasi Kickoff sehingga tidak lagi ditampilkan sangat besar ikon untuk aplikasi di sidebar kategori saat menggunakan ukuran item daftar default.

Yang juga diperbaiki dalam rilis ini adalah suara pengaktifan, kemampuan untuk simpan wallpaper terakhir dalam mode tampilan slide, alamat MAC untuk koneksi kabel di Plasma NetworkManager (plasma-nm), kinerja pengguliran Grid View di Plasma Mobile, screencasting, snap kanan ke kanan di KScreen, deteksi baki sistem applet cuaca, seperti serta kategori file .desktop aplikasi di Aura Browser.

Ada lebih dari 60 perubahan yang disertakan dalam rilis KDE Plasma 5.26.4, jadi lihat log perubahan lengkap untuk bacaan tambahan dan detail teknis. Sementara itu, awasi repositori perangkat lunak yang stabil dari distribusi GNU/Linux Anda jika Anda menggunakan lingkungan desktop KDE Plasma 5.26 terbaru dan perbarui ke rilis poin baru ini sesegera mungkin.

Sumber: Google, 9to5linux.com