KDE Plasma 5.26 Untuk Mengizinkan Aplikasi XWayland Crisper Dengan Opsi Penskalaan Baru

  • Post author:
  • Post category:Linux

Sementara minggu ini menandai rilis KDE Plasma 5.25, sudah ada fitur mengkilap besar yang mengantri untuk Plasma 5.26 untuk memberi manfaat bagi mereka yang menjalankan sesi KDE Plasma Wayland dan mengandalkan kompatibilitas aplikasi XWayland untuk X11.
Untuk mengatasi aplikasi XWayland yang terlihat buram, Plasma 5.26 menambahkan opsi baru untuk mengontrol penskalaan aplikasi berbasis XWayland untuk perangkat lunak X11 yang berjalan di dalam perangkat lunak KDE Plasma. Saat ini Plasma Wayland menggunakan penskalaan berbasis compositor tetapi dapat menghasilkan keburaman dengan penskalaan itu pada tampilan HiDPI. Namun, banyak program X11 yang ada mendukung kemampuan DPI tinggi X11 secara langsung. Jadi, jika aplikasi Anda yang menggunakan XWayland mendukung penskalaan DPI tinggi secara langsung, opsi KDE Plasma 5.26 yang baru ini memungkinkan dukungan tersebut digunakan sebagai ganti penskalaan berbasis compositor pada tampilan HiDPI. Pada gilirannya, ini akan membuat aplikasi lawas itu jauh lebih tajam saat disajikan di bawah sesi KDE Plasma Wayland.
Saat ini, kontrol opsi penskalaan X11 lawas yang baru ini dinonaktifkan secara default tetapi dapat dengan mudah diubah dengan pengaturan baru dan setelah pengujian yang lebih luas dapat menjadi default baru.
KDE Plasma 5.26 juga akan memungkinkan gambar animasi untuk digunakan sebagai wallpaper untuk desktop KDE. Minggu ini KDE juga telah melihat perbaikan untuk Plasma 5.25.1 untuk memastikan layar eksternal bekerja dengan baik dengan pengaturan multi-GPU. Ada juga perbaikan crash pengelola file Dolphin, memperbaiki crash KWin umum ketika pengaturan layar berubah, memperbaiki presentasi video MPV di bawah Plasma Wayland, dan banyak perbaikan lain yang diantrekan untuk Plasma 5.25.1 bulan depan.
Rincian lebih lanjut tentang semua perubahan KDE untuk mendarat minggu ini — selama minggu rilis Plasma 5.25 — dapat ditemukan melalui posting blog ini oleh pengembang KDE Nate Graham.

Itulah berita seputar KDE Plasma 5.26 Untuk Mengizinkan Aplikasi XWayland Crisper Dengan Opsi Penskalaan Baru, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.