Keadaan Firmware Sumber Terbuka / Coreboot Di Intel Tiger Lake

Orang-orang di perusahaan konsultan firmware sumber terbuka 3mdeb telah menerbitkan posting blog baru yang menguraikan keadaan firmware sumber terbuka saat ini pada platform Intel Tiger Lake.
3mdeb menggunakan Platform Validasi Referensi (RVP) Intel untuk mengevaluasi status firmware sumber terbuka di Tiger Lake, termasuk status Coreboot di platform. Tentu saja, itu hanya platform pengujian Intel internal dan bukan sesuatu yang dapat diperoleh dengan mudah oleh pengguna akhir. Sayangnya ketika datang ke platform Intel ritel yang mendukung Coreboot / firmware open-source, tidak ada banyak pilihan di luar sana selain yang seperti berbagai Google Chromebook. Masih ada masalah Paket Dukungan Firmware Intel (FSP) sebagai gumpalan biner.
Sayangnya masih sulit menemukan port Coreboot untuk platform Tiger Lake yang tersedia.

Dalam hal apa pun mereka yang ingin belajar lebih banyak tentang kemungkinan firmware open-source di Intel Tiger Lake dapat melihat blog 3mdeb untuk detailnya.
Kemungkinan menarik lebih banyak pengguna akhir/pembaca adalah pekerjaan yang diumumkan minggu ini juga sedang dilakukan oleh 3mdeb dan itu untuk porting Coreboot ke platform ritel Alder Lake. Insinyur 3mdeb sedang bekerja untuk menghadirkan firmware Coreboot / open-source ke motherboard MSI PRO Z690-A WiFi DDR4 yang sudah tersedia di saluran ritel. Masih ada masalah gumpalan FSP, tetapi setidaknya ini adalah jalur bagi pengguna akhir/penggemar untuk benar-benar mendapatkan Coreboot dan berjalan pada platform desktop generasi modern/saat ini.

Itulah berita seputar Keadaan Firmware Sumber Terbuka / Coreboot Di Intel Tiger Lake, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.