Kemajuan Baru Sedang Dibuat Pada Dukungan Warna Dalam Untuk Sesi Wayland GNOME

Salah satu upaya multi-tahun di kamp GNOME Wayland adalah pada dukungan warna yang dalam dan menarik bagi pengembang Ubuntu di antara pihak lain. Setelah tidak mendengar tentang kemajuan apa pun pada dukungan warna dalam GNOME Wayland dalam beberapa saat, beberapa kemajuan sekarang sedang dibuat.
Insinyur desktop Ubuntu Daniel van Vugt di Canonical telah membuat beberapa kemajuan dalam seminggu terakhir pada dukungan warna yang dalam untuk sesi Wayland. Terutama, dia menemukan penyebab masalah DisplayLink yang telah menghalangi upaya warna dalam selama lima bulan terakhir. Dengan adaptor eksternal DisplayLink, ada masalah yang dihadapi seputar ketidakcocokan format tampilan, tetapi sekarang hal itu telah diselesaikan.
Dengan keluarnya sakit kepala itu, Daniel van Vugt telah memperbarui tambalan ke seri warna dalam GNOME Wayland untuk membuka penggunaan warna 30-bit daripada 24-bit. Ini telah berhasil diuji pada driver Intel di antara konfigurasi lainnya. Pengomposisian klien Wayland OpenGL asli sedikit lebih efisien dengan dukungan warna yang dalam ini karena format XR30/AR30 sudah digunakan bila memungkinkan tetapi untuk klien XWayland lama dan klien memori bersama di mana warna 24-bit masih digunakan dapat melihat penggunaan bandwidth memori yang lebih tinggi dengan beralih ke 30-bit.

Untuk saat ini permintaan penggabungan masih ditandai sebagai “draf” sementara kita akan melihat apa lagi yang muncul dengan pekerjaan ini dalam waktu dekat dan apakah dukungan warna dalam Wayland akhirnya akan siap untuk GNOME 43 di musim gugur.

Itulah berita seputar Kemajuan Baru Sedang Dibuat Pada Dukungan Warna Dalam Untuk Sesi Wayland GNOME, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.