Kerangka KDE 5.90 Hadir dengan Lebih Banyak Peningkatan untuk Aplikasi KDE Favorit Anda

  • Post author:
  • Post category:Linux


Proyek KDE hari ini merilis KDE Frameworks 5.90 sebagai pembaruan bulanan untuk Januari 2022 dari koleksi open-source lebih dari 80 add-on library ke Qt yang menyediakan berbagai fungsionalitas yang umum dibutuhkan untuk berbagai aplikasi KDE dan lingkungan desktop Plasma.

KDE Frameworks 5.90 hadir untuk meningkatkan perilaku gulir (mouse dan touchpad) di aplikasi QtQuick, terutama di sesi Plasma Wayland saat menggunakan penskalaan fraksional, tambahkan gaya yang lebih modern tanpa bingkai ke halaman Pengaturan Sistem yang menampilkan satu kotak atau daftar besar, juga untuk meningkatkan kecepatan daftar file di direktori yang berisi banyak file dan folder.

Kontrol yang dapat digulir di desktop Plasma dan berbagai aplikasi berbasis QtQuick telah ditingkatkan juga untuk mengubah kontennya hanya ketika pengguna menggulirnya saat kursor selesai mereka, bukan saat melewatinya.

Ini juga meningkatkan cara pintasan keyboard global ditangani oleh desktop Plasma saat memetakan ulang kunci di Halaman Keyboard Lanjutan di Pengaturan Sistem, memperkenalkan kemampuan untuk menambahkan widget di Penjelajah Widget dengan satu klik, bersama dengan dukungan untuk menampilkan widget yang ditambahkan di tengah layar, dan meningkatkan aplikasi KDE Connect agar tidak lagi macet saat menangani clipboard text.

Selanjutnya, KDE Frameworks 5.90 meningkatkan pengelola file Dolphin untuk menampilkan kesalahan sebagai pesan sebaris ketika mencoba membuka file yang tidak valid, termasuk file yang setengah diunduh yang memiliki ekstensi nama file .
. Kredit gambar: Nate Graham
Perubahan menarik lainnya adalah cara Plasma menangani unggahan gambar ke layanan hosting gambar Imgur, karena pengguna sekarang akan melihat hasil proses unggah sebagai pemberitahuan sistem di mana mereka memiliki kemampuan untuk menghapus gambar yang diunggah.
Kredit gambar: Nate Graham
Di antara perubahan penting lainnya, KDE Framworks 5.90 memperbarui UI modifikasi tautan dialog Properti untuk menampilkan informasi yang benar di tempat yang tepat, memperbaiki ind menghilangkan bilah kemajuan agar tidak lagi meluap secara visual saat menghidupkan, dan menyembunyikan pemberitahuan “Memuat …” atau “Memeriksa …” dari riwayat pemberitahuan ketika aplikasi membutuhkan waktu terlalu lama untuk membuka file.

Juga, rilis ini menambahkan menu saat mengklik kanan pada tombol bilah alat, meningkatkan aplikasi Pengelola Tugas untuk membuat latar belakang status Tugas “aktif” dan “membutuhkan perhatian” lebih cerah, memperbarui ikon umum aplikasi Dolphin dan Pengaturan Sistem agar responsif terhadap warna aksen sistem Anda, dan perbaikan beberapa gangguan visual di berbagai tooltips di applet Plasma saat menggunakan tema Breeze Plasma.
Gambar milik Nate Graham
Ada total 181 perubahan yang disertakan dalam pembaruan ini, jadi Anda harus memeriksa log perubahan lengkap di halaman pengumuman rilis jika Anda ingin tahu apa sebenarnya yang diperbaiki, diubah, atau dihapus.

Sementara itu, jika Anda menggunakan lingkungan desktop KDE Plasma pada distribusi GNU/Linux Anda, perhatikan repo perangkat lunak yang stabil situs untuk paket KDE Framworks 5.90.0 dan perbarui instalasi Anda sesegera mungkin.

Sumber: Google, 9to5linux.com