Kerangka KDE 5.97 Menambahkan Dukungan untuk Metode Penyimpanan Kredensial Pihak Ketiga ke Aplikasi KDE

  • Post author:
  • Post category:Linux


Proyek KDE hari ini mengumumkan ketersediaan umum dari KDE Frameworks 5.97 sebagai versi terbaru dari koleksi open-source lebih dari 80 add-on library untuk Qt yang menyediakan fungsionalitas umum untuk sebagian besar aplikasi KDE dan lingkungan desktop KDE Plasma.

Kerangka KDE bulanan siklus rilis berlanjut dan KDE Frameworks 5.97 hadir untuk menambahkan lebih banyak fitur dan peningkatan baru, seperti implementasi dukungan di KWallet untuk standar org.freedesktop.secrets, yang memungkinkan kompatibilitas dengan metode penyimpanan kredensial pihak ketiga di sebagian besar aplikasi KDE. “Untuk Frameworks 5.97, Slava Aseev telah menerapkan dukungan di KWallet untuk standar org.freedesktop.secrets, yang memungkinkan aplikasi KDE menjadi lebih kompatibel dengan metode penyimpanan kredensial pihak ketiga. Dalam hal dampak dunia nyata, peluncur Minecraft seharusnya tidak lagi meminta Anda untuk masuk setiap kali Anda membukanya!”, kata pengembang KDE Nate Graham.
Fitur baru lainnya di KDE Frameworks 5.97 termasuk ikon untuk Windows DLL di ikon Breeze tema, kemampuan untuk membatalkan/mengulangi perubahan teks yang dibuat di bidang “Nama” dari dialog buka/simpan file, serta dukungan untuk mengekstraksi dan menampilkan metadata tekstual non-EXIF yang disimpan di dalam gambar PNG di dialog Properti.
Menampilkan non- Metadata teks EXIF ​​disimpan dalam gambar PNG – Kredit gambar Nate Graham
Selain itu, manajer Dolphin telah diperbarui untuk tidak lagi mengirim pemberitahuan “Pindah” saat membatalkan pekerjaan penggantian nama massal, dialog Properti sekarang menampilkan tautan yang dapat diklik untuk koordinat GPS dalam file, Ikon aplikasi “Pusat Bantuan” diperbarui agar selalu berwarna-warni saat menggunakan tema ikon Breeze, dan dialog umum “Dapatkan [hal]” yang umum sekarang menangani kesalahan jaringan dan server dengan lebih baik.
Koordinat GPS sebagai tautan yang dapat diklik – Kreasi gambar dits Nate Graham
As dengan rilis KDE Frameworks baru, ada juga banyak perbaikan bug. Versi 5.97 mengatasi masalah di sesi Plasma Wayland yang membuat aplikasi mogok segera setelah menyalakan monitor eksternal, memperbaiki kerusakan Plasma yang terjadi saat menyeret sesuatu dari browser web Firefox ke desktop, dan memperbaiki macet di aplikasi berbasis Kirigami dengan halaman yang dapat digulir.

Juga yang diperbaiki adalah deteksi status penginstalan untuk OBS Studio, Vokoscreen, dan aplikasi screencast pihak ketiga lainnya di utilitas tangkapan layar Spectacle, pratinjau thumbnail file gambar .rw2 RAW, serta warna latar belakang untuk bilah menu dalam jendela di QtQuick- aplikasi berbasis saat menggunakan skema warna dengan warna header, seperti Breeze Light atau Breeze Dark.

Tentu saja, ada banyak perubahan kecil lainnya dalam rilis KDE Frameworks 5.97, jadi periksa log perubahan lengkap untuk bacaan tambahan. Sementara itu, jika Anda menggunakan lingkungan desktop KDE Plasma terbaru, saya sangat menyarankan untuk memperbarui ke paket 5.97 KDE Frameworks segera setelah mereka mendarat di repositori perangkat lunak yang stabil dari distribusi GNU/Linux Anda.

Sumber: Google, 9to5linux.com