Kernel Linux 5.18 Resmi Dirilis, Ini Yang Baru


Linus Torvalds hari ini mengumumkan rilis dan ketersediaan umum Linux 5.18 sebagai seri kernel stabil terbaru untuk distribusi GNU/Linux, menambahkan banyak fitur baru dan dukungan perangkat keras yang ditingkatkan. Kernel

Linux 5.18 hadir tepat dua bulan setelah seri kernel Linux 5.17 dan menerima tujuh RC (Release Candidate) tonggak selama seluruh siklus pengembangannya, yang membantu pengembang kernel memperbaiki bug dan meningkatkan fungsionalitas yang ada.

Sorotan dari kernel Linux 5.18 termasuk peralihan ke standar kompiler C11, dukungan untuk “peristiwa pengguna” dalam sistem penelusuran, dukungan untuk Fungsi “host system management port” AMD, dukungan untuk pemeriksaan integritas 64-bit pada perangkat NVMe, dukungan untuk fitur “antarmuka umpan balik perangkat keras” Intel, dukungan pelacakan cabang tidak langsung untuk arsitektur x86, serta kinerja penjadwalan proses yang lebih baik pada AMD Zen CPUs.

Linux 5.18 juga meningkatkan sistem file Btrfs dengan dukungan untuk dua operasi ioctl() baru memungkinkan untuk membaca langsung dari dan menulis ke tingkat file dan dukungan reflink/dedupe cross-mount, meningkatkan fitur generator nomor acak, meningkatkan subsistem io_uring, menambahkan dukungan enkripsi RSA ke perangkat virtio-crypto, dan menambahkan mount keep_last_dots baru opsi untuk sistem file exFAT sehingga tidak lagi menghapus titik akhir dari nama file.

Juga perlu disebutkan adalah fakta bahwa sistem PowerPC 32-bit akhirnya mendukung patch langsung di kernel Linux 5.18, yang juga mengimplementasikan dukungan untuk silikon yang ditentukan perangkat lunak Intel driver, dukungan untuk mount yang dipetakan ID ke sistem file F2FS, dukungan bawaan untuk NFSv3 di sistem file NFS, dukungan untuk pengalokasi memori pengepakan program BPF, dan mekanisme pemeriksaan masuk/keluar fungsi fprobe baru untuk menyelidiki beberapa fungsi dengan pengendali probe tunggal, berdasarkan ftrace.

Untuk pengguna ARM, kernel Linux 5.18 membawa dukungan untuk interupsi terpisah dan tumpukan kernel yang dipetakan secara virtual ke sistem ARM 32-bit, juga sebagai dukungan untuk algoritme otentikasi pointer QARMA3 baru dan dukungan build shadow-stack ke arsitektur AArch64 (ARM64).

Untuk arsitektur RISCV, Linux 5.18 memperkenalkan dukungan untuk format tabel halaman “Sv57”, implementasi kinerja baru yang menggunakan Ekstensi SBI PMU dan Sscofpmf, dukungan untuk ekstensi SBI CPU-idle, dan dukungan untuk urutan yang dapat dimulai ulang. Juga, arsitektur PA-RISC menerima dukungan vDSO minimal.

Di antara perubahan penting lainnya, kernel Linux 5.18 tidak lagi mendukung sistem file ReiserFS, meningkatkan subsistem jembatan dengan dukungan untuk beberapa pohon rentang, menambahkan dukungan fragmen ke jalur data ekspres (XDP) mekanisme, dan menambahkan keyring kernel Linux baru yang disebut mesin yang berisi Kunci Pemilik Mesin (MOK) TPM.

Terakhir, Linux 5.18 menyertakan banyak driver baru dan yang diperbarui untuk dukungan perangkat keras yang lebih baik. Sorotan termasuk dukungan GPU dual-core awal ke driver Panfrost, dukungan untuk laptop HP menggunakan audio Realtek, dukungan InterTouch pada laptop ThinkPad T14 dan P14s Gen 1, dukungan untuk keyboard Razer BlackWidow, pemetaan Fn untuk laptop MacBook Pro dengan Touch Bar, dan berbagai pernak-pernik untuk Mac dengan chip keamanan Apple T2 dan beberapa model Apple Magic Keyboard.

Linux kernel 5.18 tersedia untuk diunduh sekarang dari situs web kernel.org bagi mereka yang suka mengkompilasi kernel mereka sendiri. Jika itu bukan kesukaan Anda, Anda harus menunggu seri Linux 5.18 mendarat di repositori perangkat lunak stabil dari distribusi GNU/Linux favorit Anda, yang akan terjadi dalam beberapa minggu ke depan. Dan, seperti yang diharapkan, jendela penggabungan untuk versi utama berikutnya, Linux 5.19, akan terbuka besok.

Sumber: Google, 9to5linux.com