Kernel Linux 5.18 Sudah Tidak Disupport! Segera Upgrade

  • Post author:
  • Post category:Linux

Boleh percaya atau tidak, tampaknya sudah saatnya kita mulai meninggalkan kernel linux 5.18 yang sudah memasuki masa EOL (end of life) berdasarkan informasi dari website kernel.org.

Kernel linux 5.18 dirilis pada akhir Mei 2022 kemarin. Versi ini memang salah satu versi kernel linux yang masuk pada kategori short-lived series, seri jangka pendek. Kernel ini memperkenalkan fitur-fitur baru seperti dukungan untuk “peristiwa pengguna” dalam sistem penelusuran, dukungan untuk fungsi “port manajemen sistem host” AMD, dukungan untuk pemeriksaan integritas 64-bit pada perangkat NVMe, dukungan untuk fitur “antarmuka umpan balik perangkat keras” Intel, serta sebagai dukungan pelacakan cabang tidak langsung untuk arsitektur x86.

Salah satu Pengembang kernel terkenal Greg Kroah-Hartman hari ini mengumumkan rilis kernel Linux 5.18.19, yang tampaknya merupakan patch yang sangat kecil yang hanya mencakup 6 perubahan. Yang paling penting adalah bahwa kernel Linux 5.18.19 juga merupakan rilis pemeliharaan terakhir untuk seri kernel Linux 5.17, yang sekarang mencapai akhir masa pakainya dan tidak akan lagi menerima pembaruan keamanan dan perbaikan bug.