KernelMemorySanitizer v4 Diterbitkan Saat Sudah Menemukan 300+ Bug Kernel

  • Post author:
  • Post category:Linux

Dikerjakan beberapa tahun terakhir oleh para insinyur Google dan lainnya adalah KernelMemorySanitizer (KMSAN) yang telah menemukan lebih dari 300 bug kernel bahkan sebelum menjadi yang utama. Dikirim sebelum liburan akhir pekan AS sebagai iterasi keempat dari tambalan ini, membangun “permintaan komentar” yang dikirim pada tahun 2020.
KernelMemorySanitizer mengandalkan instrumentasi LLVM/Dentang untuk menangkap masalah memori yang tidak diinisialisasi. Patch KMSAN v4 yang baru menambahkan opsi Kconfig KMSAN_CHECK_PARAM_RETVAL untuk mengaktifkan opsi “-fsanitize-memory-param-retval” Clang untuk pada gilirannya menyediakan pemeriksaan untuk sebagian besar parameter fungsi kernel yang diteruskan oleh nilai. Patch KMSAN juga telah diperbarui terhadap status pengembangan Linux 5.19 saat ini.
Mengenai keadaan dan cakupan KMSAN saat ini yang diharapkan, Alexander Potapenko dari Google berkomentar, “Patchset ini memungkinkan seseorang untuk mem-boot dan menjalankan kernel defconfig+KMSAN pada QEMU tanpa kesalahan positif yang diketahui. Namun tidak menjamin tidak ada kesalahan positif pada driver perangkat tertentu atau subsistem yang kurang diuji, meskipun KMSAN secara aktif diuji pada syzbot dengan konfigurasi besar.”
Pelajari lebih lanjut tentang KMSAN melalui presentasi tahun 2020 ini.

Lihat seri patch v4 jika tertarik dengan fitur keamanan KMSAN ini untuk melaporkan penggunaan memori unitial dan masalah memori kernel terkait.

Itulah berita seputar KernelMemorySanitizer v4 Diterbitkan Saat Sudah Menemukan 300+ Bug Kernel, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.