Kinerja Apple M2 vs. AMD Ryzen 7 PRO 6850U Di Hampir 200 Tolok Ukur

  • Post author:
  • Post category:Linux

Minggu lalu saya menerbitkan benchmark awal Apple M2 vs. AMD Rembrandt vs. Intel Alder Lake Linux menggunakan Asahi Linux dan Arch Linux secara menyeluruh. Untuk mengakhiri minggu ini, berikut adalah artikel lanjutan yang melihat lebih dekat Apple M2 di MacBook Air melawan AMD Ryzen 7 PRO 6850U “Rembrandt” di dalam Lenovo ThinkPad X13 Gen3. Kali ini juga hasil dari tweak kinerja untuk setiap laptop untuk gubernur CPUFreq dan profil platform.

Dengan artikel minggu lalu, semua laptop Apple/Intel/AMD yang diuji menggunakan konfigurasi stok mereka di Asahi Linux / Arch Linux. Di antara default tersebut adalah ThinkPad X13 Gen3 yang berjalan dalam profil platform ACPI “seimbang” untuk preferensi daya/kinerja dan juga menggunakan gubernur CPUFreq Schedutil yang memanfaatkan data pemanfaatan penjadwal untuk keputusan penskalaan frekuensi CPU. Artikel ini memiliki tolok ukur saham tersebut serta mencari “perf maksimal” dengan mengatur Profil Platform ACPI ke mode kinerjanya serta berpindah dari gubernur schedutil ke gubernur “kinerja” yang mengubah perilaku penskalaan frekuensi CPU sistem .

Sementara di sisi Apple ada perubahan serupa: pindah dari ACPI CPUFreq Schedutil yang digunakan secara default ke gubernur “kinerja” juga. Jadi baik Apple MacBook Air M2 dan Lenovo Thinkpad X13 Gen3 dengan AMD Ryzen 7 PRO 6850U ada dalam konfigurasi Arch/Asahi Linux dan kemudian dengan penyesuaian untuk mode yang lebih dioptimalkan kinerja.

Karena Apple M2 saat ini kekurangan daya/suhu dukungan sensor di Linux, ini hanya melihat kinerja mentah M2 dan Ryzen 7 PRO 6850U dengan tidak dapat secara akurat membandingkan efisiensi daya / kinerja-per-Watt M2 saat ini.

Itulah berita seputar Kinerja Apple M2 vs. AMD Ryzen 7 PRO 6850U Di Hampir 200 Tolok Ukur, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.