Kinerja Intel Arc Graphics A750/A770 Menjelang Linux 6.2 + Mesa 23.0

  • Post author:
  • Post category:Linux

Bulan lalu ketika Intel Arc Graphics A750 dan A770 mencapai ketersediaan ritel, ada dukungan sumber terbuka yang tersedia untuk pengguna Linux dengan asumsi Anda menggunakan kernel yang cukup baru dan rilis Mesa plus harus mengaktifkan tanda dukungan perangkat keras awal/eksperimental. Sejak dukungan driver grafis Intel dGPU Linux sumber terbuka terus berkembang dan dengan kernel Linux 6.2 yang akan datang, grafis DG2/Alchemist telah dipromosikan menjadi stabil/didukung out-of-the-box. Mengingat tonggak sejarah ini dan kode Mesa upstream untuk driver Intel ANV Vulkan dan Iris Gallium3D terus matang, berikut adalah beberapa tolok ukur baru dari Intel Arc Graphics A750/A770 di Linux.

Yang paling menarik adalah dengan Linux 6.2, yang melihat penggabungannya jendela terbuka pada pertengahan Desember sementara rilis kernel resmi akan keluar pada bulan Februari, grafik Intel DG2/Alchemist secara resmi dinyatakan stabil. Ini berarti bahwa sementara dukungan telah bekerja pada kernel sebelumnya, dengan Linux 6.2+ opsi kernel “i915.force_probe=” yang mengganggu tidak lagi diperlukan untuk memaksa mengaktifkan dukungan “eksperimental”. Jadi dengan Linux 6.2+ dan dengan asumsi pada Mesa 22.2+ dan memiliki dukungan firmware Intel GuC yang diperlukan dari linux-firmware, ini adalah pengalaman out-of-the-box yang mulus. Semua ini harus mengalir ke rilis distribusi Linux H2`2023 seperti Ubuntu 23.04 karena memiliki pengalaman out-of-the-box yang lancar untuk Intel Arc Graphics.

Intel terlambat mempromosikan dukungan driver DG2 Linux mereka hingga memastikan ruang pengguna API solid bersama dengan fungsionalitas lainnya. Sayangnya hal itu terseret ke dalam periode pasca-peluncuran dan masih ada waktu tersisa hingga Linux 6.2 stable keluar, tetapi setidaknya tonggak pencapaian ini sekarang tercapai. Juga penting dengan Linux 6.2 untuk perubahan driver grafis kernel Intel mendapatkan integrasi HWMON awal untuk Arc Graphics. Ini mengungkap konsumsi energi kartu grafis dengan dukungan sensor yang sebelumnya tidak diekspos. Namun, pemantauan suhu kartu grafis belum didukung.

Seperti yang tercakup dalam berbagai artikel Phoronix baru-baru ini, dukungan driver open-source OpenGL dan Vulkan untuk perangkat keras grafis Intel terus meningkat di Mesa Git. Ada lebih banyak ekstensi Vulkan untuk dipasang, berbagai perbaikan, dan pekerjaan pengoptimalan kinerja sedang dilakukan. Mesa 22.3 memiliki berbagai peningkatan atas keadaan Mesa 22.2 sementara selama beberapa minggu terakhir sekarang pekerjaan mulai dibangun untuk Mesa 23.0 yang akan dirilis kuartal berikutnya – kemungkinan dalam beberapa minggu setelah Linux 6.2 mencapai stable.

Beberapa masalah driver Intel Mesa terjadi tetap untuk beberapa game, tetapi dukungan driver open-source terus jatuh tempo.

Untuk pengujian Intel Arc Graphics hari ini saya menggunakan build kernel kustom dari status DRM-Next pada 22 November. Ini adalah kode yang akan dikirimkan bulan depan untuk jendela penggabungan Linux 6.2 dari perubahan driver grafis kernel i915. Memang ketika mem-boot kernel ini, tidak diperlukan opsi i915.force_probe dan Arc Graphics A750 dan A770 bekerja out-of-the-box pada kode ini menuju arus utama. Di sisi ruang pengguna, itu adalah Mesa 23.0-devel dari 23 November menggunakan Oibaf PPA. Baik Arc Graphics A750 dan A770 baru saja diuji.

Sebagai perbandingan, saya menjalankan tolok ukur baru di sisi NVIDIA menggunakan driver 525.53 dengan GeForce RTX 3060 / RTX 3060 Ti / RTX 3070 / RTX 3070 Ti.

Di sisi AMD Radeon saya menggunakan Linux 6.2 Git (build kernel DRM-Next sayangnya menggantung sistem dengan AMDGPU setiap kali menginisialisasi game OpenGL/Vulkan apa pun yang diuji) dan Mesa 23.0-devel seperti pengujian Intel Arc Graphics. Di sisi Radeon saya melakukan beberapa langkah baru dari Radeon RX 5700 XT, RX 6600, RX 6600 XT, RX 6700 XT, dan RX 6750 XT untuk referensi.

Itulah berita seputar Kinerja Intel Arc Graphics A750/A770 Menjelang Linux 6.2 + Mesa 23.0, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.