Kode Jaringan DECnet Lama yang Sudah Lama Di Kernel Linux Diharapkan Akhirnya Dihapus

  • Post author:
  • Post category:Linux

DECnet sebagai seperangkat protokol jaringan dari Digital Equipment Corporation (DEC) yang berasal dari tahun 1975 diharapkan akhirnya dihapus dari kernel Linux. Protokol DECnet telah lama usang, implementasi kernel Linux telah ditinggalkan selama lebih dari satu dekade, dan merupakan kode yang lebih banyak dimiliki museum sejarah daripada kernel arus utama. DEC mengembangkan DECnet untuk produk jaringan perangkat keras/perangkat lunak yang mengimplementasikan Arsitektur Jaringan DIGITAL. DECnet bagus di tahun 80-an sebagai salah satu arsitektur jaringan peer-to-peer awal dan dibangun ke dalam VMS DEC, tetapi sudah lama usang dan tidak banyak digunakan sejak awal 90-an. Namun sejak itu kode DECnet terus menjadi bagian dari kernel Linux.

Stephen Hemminger mengajukan “permintaan komentar” untuk menghapus DECnet dari kernel: Decnet adalah protokol jaringan usang yang menerima lebih banyak perhatian dari petugas kebersihan kernel daripada pengguna. Itu termasuk dalam museum sejarah protokol komputer bukan di kernel Linux. Itu telah menjadi yatim piatu di kernel sejak 2010. Dan tautan dokumentasi di Sourceforge mengatakan itu ditinggalkan di sana. Biarkan UAPI saja untuk menjaga program ruang pengguna tetap terkompilasi. Pengembang Linux David Laight menambahkan, “UAPI sudah cukup usang ketika saya menulis driver ethernet di awal 1990-an. Semacam dukungan mengejutkan pernah masuk ke Linux di tempat pertama!” Untuk saat ini tambalan penghapusan RFC masih mengambang di milis tetapi mengingat dukungan untuk penghapusannya, kemungkinan besar taruhan yang aman ini kode yatim piatu yang lama akhirnya akan segera dicabut dari pohonnya. Menghapus kode DECnet adalah sekitar dua belas ribu baris kode.

Itulah berita seputar Kode Jaringan DECnet Lama yang Sudah Lama Di Kernel Linux Diharapkan Akhirnya Dihapus, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.