Kompilator LLVM Akhirnya Mendapat Model Penjadwal yang Disetel Untuk Intel Alder Lake P

  • Post author:
  • Post category:Linux

Sementara Intel biasanya cepat dalam memberikan kontribusi peningkatan untuk perangkat keras baru ke kompiler GCC dan LLVM/Dentang open-source, hanya hari ini dan menjelang peluncuran Raptor Lake yang mendekat, model penjadwal yang tepat akhirnya ditambahkan untuk prosesor Alder Lake P yang ada.
Model penjadwal Alder Lake P telah ditambahkan ke LLVM Git untuk LLVM 16.0. Perubahan kontribusi Intel ini menambahkan biaya instruksi yang tepat untuk model penjadwal daripada sampai saat ini hanya menyalin model yang digunakan sejak Skylake.

Model menyediakan compiler dengan rincian lebih lanjut tentang mikro-arsitektur dan tabel sumber daya dapat memberikan latency dan biaya untuk setiap jenis instruksi. Model ini berguna ketika menyetel biner yang dihasilkan kompiler untuk CPU yang diberikan dan kompiler dapat membuat keputusan yang lebih tepat berdasarkan model itu.
Model penjadwal Alder Lake P ini dihasilkan sebagian melalui “schedtool” LLVM yang juga sedang dikerjakan oleh Intel. schedtool bertujuan untuk membantu menghasilkan model jadwal x86 secara otomatis untuk membuatnya lebih sedikit memakan waktu dan menghilangkan kemungkinan kesalahan atau entri yang tidak akurat. Schedtool LLVM itu masih dalam proses, tetapi cukup baik untuk membuat model Alder Lake P ini dibuat.

Lima belas ribu baris kode baru untuk model jadwal Intel Alder Lake P telah ditambahkan sebagai bagian dari komit yang digabungkan hari ini ke LLVM Git. Akan menyenangkan untuk menjalankan beberapa benchmark compiler LLVM Clang yang baru dengan penyetelan “-march=native” untuk melihat apakah model baru ini mampu memberikan peningkatan terukur untuk CPU Intel Core 12th Gen yang ada.

Itulah berita seputar Kompilator LLVM Akhirnya Mendapat Model Penjadwal yang Disetel Untuk Intel Alder Lake P, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.