“Kopper” Digabungkan Menjadi Mesa Sebagai Kemenangan Besar Bagi Zink

Digabungkan ke dalam Mesa 22.1-devel pagi ini adalah Kopper, peningkatan besar terutama untuk kode driver Zink OpenGL-on-Vulkan.
Kopper (sebelumnya disebut “Tembaga” juga saat dalam pengembangan) dirancang untuk meningkatkan efisiensi Zink untuk menjalankan OpenGL di atas Vulkan. Kopper juga memungkinkan fitur tambahan seperti penanganan WSI asli.
Lebih dari dua ribu baris kode menambahkan antarmuka driver Kopper dan semua pipa terkait dan kemudian perubahan Zink telah digabungkan pada waktunya untuk Mesa 22.1, yang akan bercabang minggu depan. Zink dengan Kopper sekarang menyediakan integrasi sistem windowing (WSI) Vulkan asli, penanganan Vulkan swapchain yang tepat, menghilangkan berbagai solusi variabel lingkungan yang sebelumnya diperlukan oleh Zink, dan memperbaiki berbagai masalah lain yang mengganggu Zink hingga saat ini — termasuk rendering perbaikan untuk beberapa skenario.

Ini membuat Zink lebih dekat untuk dapat berjalan dengan compositor Wayland dan fitur-fitur lain yang sebelumnya hanya diimpikan untuk implementasi OpenGL generik namun berkinerja baik ini untuk berjalan pada driver Vulkan. Mike Blumenkrantz terus mengerjakan Zink/Mesa berkat pekerjaan dari Valve.
Lihat permintaan penggabungan ini untuk detail lebih lanjut dan sambil menunggu untuk melihat apa lagi yang akan terjadi dengan Zink untuk rilis Mesa 22.1 kuartal ini.

Itulah berita seputar “Kopper” Digabungkan Menjadi Mesa Sebagai Kemenangan Besar Bagi Zink, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.