Krita 5.1 Dirilis dengan Dukungan JPEG-XL, Dukungan WebP Penuh, Peningkatan PSD, dan Lainnya

  • Post author:
  • Post category:Linux


The Krita Foundation hari ini merilis Krita 5.1 sebagai pembaruan besar pertama untuk perangkat lunak lukisan digital gratis, open-source, dan lintas platform sejak Krita 5.0.

Krita 5.1 tiba hampir delapan bulan setelah Krita 5.0 dan memperkenalkan banyak perubahan keren dan berguna, dimulai dengan dukungan awal untuk format file JPEG-XL, yang merupakan versi terbaru dari format file gambar JPEG klasik yang dirancang untuk menghadirkan gamut warna yang lebar dan dukungan HDR ke Web.
“Kami belum mengaktifkan penyimpanan dan pemuatan file Ruang warna HDR ke JPEG-XL, tetapi yang kami miliki adalah menyimpan dan memuat animasi, menjadikan JPEG-XL format file pertama yang tidak memerlukan FFmpeg untuk memungkinkan mengekspor animasi,” kata devs.
Selain dukungan JPEG-XL , Krita 5.1 menghadirkan dukungan penuh untuk format gambar WebP, dukungan untuk TIFF berlapis Photoshop (PSD), dukungan untuk lapisan pengisi PSD dan label warna, dukungan untuk format gambar OpenExr 2.3 dan 3+, dukungan untuk palet warna ASE dan ACB, serta sebagai perbaikan trieval data gambar dari clipboard.

Selain itu, Krita 5.1 memperkenalkan kemampuan untuk lebih banyak operasi untuk menangani beberapa lapisan yang dipilih, memperluas alat pengisi dengan pengisian berkelanjutan, menambahkan alat “Lampirkan dan Isi” baru, dan menambahkan dukungan untuk mengonfigurasi kontrol sentuh seperti “Ketuk untuk Membatalkan” di pengaturan input kanvas.

Ini juga meningkatkan sistem animasi, menambahkan dukungan untuk mengontrol seberapa kuat indentasi lapisan saat dalam grup, menambahkan dukungan untuk melukis pada topeng pilihan dengan mode pencampuran, menambahkan dukungan untuk profil YCbCr , membawa banyak peningkatan pada kuas, dan memperbaiki ratusan bug.

Ada juga banyak peningkatan kegunaan, termasuk opsi Zoom-to-fit (dengan margin) baru, konfigurasi tambahan untuk palet pop-up, pintasan pemilih dua warna, serta kemampuan untuk beralih dari tingkat zoom yang telah ditentukan sebelumnya ke zoom yang mulus.

Untuk perangkat Android, Krita 5.1 menghadirkan dukungan OCIO dan saluran GPU baru untuk Platform VFX CY2021. Ada juga kabar baik bagi pemilik perangkat RISC-V karena Krita sekarang memungkinkan kompilasi dengan dukungan RISC-V. Untuk detail lebih lanjut, jangan ragu untuk memeriksa catatan rilis lengkap.

Sekarang Krita 5.1 secara resmi dirilis, Anda dapat mengunduhnya sekarang dari situs web resmi sebagai biner universal AppImage yang dapat Anda jalankan di hampir semua distribusi GNU/Linux tanpa menginstal apapun. Tentu saja, Anda juga dapat menginstal Krita sebagai aplikasi Flatpak dari Flathub.

Sumber: Google, 9to5linux.com