Krita 5.1 Menjanjikan Dukungan JPEG-XL, Peningkatan Dukungan untuk File WebP dan Photoshop


The Krita Foundation hari ini mengumumkan ketersediaan umum versi beta dari versi 5.1 yang akan datang dari perangkat lunak lukisan digital Krita yang kuat, gratis, sumber terbuka, dan lintas platform. perangkat lunak untuk membuat seni. Sorotan meliputi dukungan untuk format file JPEG-XL, dukungan yang ditingkatkan untuk file WebP, OpenEXR, Photoshop berlapis TIFF, dan Photoshop, dukungan untuk lapisan pengisi PSD dan label warna, dukungan untuk palet warna ASE dan ACB, serta peningkatan kinerja pengecatan melalui penggunaan XSIMD.

Selain itu, Krita 5.1 menambahkan dukungan untuk lebih banyak operasi untuk menangani beberapa lapisan yang dipilih, memperluas alat pengisi dengan pengisian berkelanjutan, serta alat Enclose dan Fill baru, menambahkan dukungan untuk mengonfigurasi kontrol sentuh seperti “ Tap to Undo” di pengaturan input kanvas, meningkatkan sistem animasi, menambahkan dukungan untuk mengontrol seberapa kuat indentasi lapisan saat dalam grup, dan menambahkan dukungan untuk melukis pada topeng pilihan dengan mode campuran.

Ada juga banyak peningkatan kegunaan di Krita 5.1, termasuk opsi Zoom-to-fit (dengan margin) baru, konfigurasi tambahan untuk palet pop-up, pintasan pemilih dua warna, kemampuan untuk beralih dari tingkat zoom yang telah ditentukan ke zoom halus, dan banyak lagi. Peningkatan dukungan untuk perangkat Android juga ada di rilis mendatang, bersama dengan peningkatan kuas dan ratusan perbaikan bug.

Rincian lebih lanjut dapat ditemukan di catatan rilis Krita 5.1, yang sekarang tersedia untuk pengujian beta publik jika Anda mau. mengambil fitur baru untuk test drive sebelum rilis final hits jalan-jalan. Pada sistem GNU/Linux, Anda dapat mencobanya dengan mengunduh biner universal AppImage dari sini, yang tidak memerlukan instalasi (cukup buat file tersebut dapat dieksekusi dan jalankan dengan klik dua kali pada file tersebut).

Sumber: Google, 9to5linux.com