Lapisan Kompatibilitas Wine 8.0 Telah Keluar Sekarang untuk Menjalankan Aplikasi Windows di Linux

  • Post author:
  • Post category:Linux


Setelah lebih dari satu tahun dalam pengembangan, lapisan kompatibilitas sumber terbuka dan lintas platform Wine 8.0 untuk menjalankan aplikasi Windows dan permainan video di sistem GNU/Linux, FreeBSD, Solaris, atau macOS kini tersedia untuk diunduh.

Perubahan terbesar dalam Wine 8.0 adalah penyelesaian konversi ke format PE, yang memakan waktu lebih dari empat tahun. Hal ini memungkinkan pengembang untuk membangun semua modul Wine dalam format PE, yang menawarkan banyak fitur hebat seperti perlindungan salinan, dukungan untuk aplikasi 32-bit pada sistem 64-bit, debugger Windows, aplikasi x86 pada sistem ARM, dan banyak lagi. Perubahan pada Wine 8.0 juga dilengkapi dengan syscall dispatcher khusus yang digunakan untuk transisi PE ke Unix untuk meminimalkan dampak kinerja arsitektur baru, terutama untuk pustaka OpenGL dan Vulkan. Jadi, seperti yang dapat Anda bayangkan, ini adalah tonggak penting untuk permainan Linux. Nbsp
Rilis Wine baru juga mengimplementasikan WoW64 thunks untuk hampir semua perpustakaan Unix untuk mengaktifkan modul PE 32-bit untuk memanggil perpustakaan Unix 64-bit, menambahkan banyak pengoptimalan ke akselerasi peta streaming yang menghasilkan peningkatan kinerja yang besar, dan memperkenalkan mode WoW64 “seperti Windows” eksperimental baru untuk memulai aplikasi 32-bit saat pemuat Wine 32-bit tidak ditemukan.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
“Mode ini dapat diaktifkan dengan membangun dengan opsi konfigurasi ‘–enable-archs’. Ini masih dalam pengembangan dan belum direkomendasikan untuk penggunaan umum. Karena jika terjadi kesalahan konfigurasi, mungkin dipicu secara tidak sengaja, aplikasi yang dimulai dalam mode ini mencetak peringatan “mulai dalam mode wow64 eksperimental”, membaca catatan rilis. Selain itu, Wine 8.0 mengimplementasikan anggaran memori video adaptor mengubah pemberitahuan, menambahkan dukungan untuk perender Vulkan untuk menyiapkan beberapa area pandang dan persegi panjang gunting, serta untuk membatasi tingkat fitur Direct3D maksimum berdasarkan fitur Vulkan yang tersedia, dan menambahkan dukungan untuk lebih banyak kartu grafis.

New HLSL (bahasa shader tingkat tinggi ) compiler, disassembler, dan preprocessor telah diimplementasikan di library vkd3d-shader, D3DX 10 Thread Pump baru juga hadir, library helper D3DX 9 menerima fungsi proyeksi cubemap, dan efek Direct3D 10 sekarang mendukung lebih banyak ekspresi.

Wine 8.0 juga mengimplementasikan filter decoder audio MPEG-1 untuk layer 1 dan 2, serta filter terpisah untuk layer 3, di atas kerangka kerja multimedia GStreamer, menambahkan n filter pembaca ASF, menambahkan filter DirectShow di Enhanced Video Renderer, dan meningkatkan dukungan hotplug pengontrol dan deteksi perangkat roda penggerak. Kontroler

Sony DualShock dan DualSense juga didukung dalam rilis ini, yang hadir dengan Panel Kontrol Joystick yang diperbarui. Selain itu, Wine 8.0 mengaktifkan tema Light secara default untuk tampilan yang lebih modern.

Driver Vulkan telah diperbarui untuk mendukung spesifikasi Vulkan terbaru hingga versi 1.3.237. Selain itu, Direct2D sekarang mendukung efek, serta perekaman dan pemutaran daftar perintah.

Wine 8.0 tersedia untuk diunduh sekarang dari situs web resmi jika Anda ingin mengompilasinya sendiri dari sumber, atau menunggu rilis baru mendarat di repositori perangkat lunak yang stabil distribusi GNU/Linux favorit Anda.

Sumber: Google, 9to5linux.com