Laptop Lenovo Yoga C630 Snapdragon Melihat Peningkatan Linux Baru

  • Post author:
  • Post category:Linux

Ketika datang ke Linux di laptop Arm, kegembiraan baru-baru ini ada di sekitar pekerjaan porting Asahi Linux untuk Apple M2 MacBook dan Linux 6.0 yang mendukung Qualcomm Snapdragon 8cx Gen3 dan laptop andalan Lenovo ThinkPad X13s Arm. Meskipun diluncurkan beberapa tahun yang lalu adalah Lenovo Yoga C630 yang ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon 850 dan sekarang berkat kerja Linaro bahwa laptop Arm yang lebih tua melihat peningkatan dukungan Linux.
Diluncurkan tiga tahun lalu adalah laptop Lenovo Yoga C630 yang ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon 850 SoC dan dengan RAM 8GB, SSD 128GB, dan menjalankan Windows 10 untuk Arm.

Kembali ke 2019 ada minat awal dan pekerjaan porting untuk Linux di Yoga C630 dan perangkat menikmati peningkatan dengan kernel yang lebih baru.
Tetapi dengan laptop Arm yang lebih baru dan lebih kuat sejak saat itu, Yoga C630 tidak menarik banyak perhatian belakangan ini. Pekan lalu, Bjorn Andersson dengan Linaro memposting driver embedded controller (EC) untuk Yoga C630. Driver EC baru yang dikembangkan oleh Linaro ini memungkinkan penyediaan status AC/baterai, penanganan mode alternatif USB Type-C untuk DisplayPort, dan tugas EC terkait.
Karena perangkat kerasnya bermasalah/aneh, perlu upaya untuk mendapatkan dukungan ini di Linux. Bjorn Anderson menjelaskan:
Yoga C630 dikirimkan dengan Windows, di mana operasi ini terutama diimplementasikan di ACPI, tetapi karena berbagai masalah dengan representasi perangkat keras di dalamnya, tidak mungkin menjalankan Linux pada informasi ini. Oleh karena itu, ini adalah upaya terbaik untuk mengimplementasikan kembali operasi ini, berdasarkan peta register yang dinyatakan dalam ACPI dan cukup banyak percobaan dan kesalahan. Driver baru sekarang sedang ditinjau karena bekerja dengan cara yang baik untuk beberapa tahun. setelah peluncuran.
Lenovo Yoga C630 tidak lagi diproduksi, tetapi jika Anda kebetulan menemukan satu di tempat sampah murah atau memiliki satu mengumpulkan debu di laci, dukungan Linux-nya terus ditingkatkan untuk laptop Snapdragon awal ini.

Itulah berita seputar Laptop Lenovo Yoga C630 Snapdragon Melihat Peningkatan Linux Baru, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.